Kasus Harian Covid Meningkat, Anak-anak Diimbau Tetap Pakai Masker Saat di Luar Ruangan

Subvarian Omicron menjadi penyebab meningkatkan kasus harian Covid-19 di Indonesia.

Editor: taufik ismail
Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
Badut Bung BEN dan Pekerja Milenial Pertamina saat mengajak bermain anak-anak di GOR Bumi Patra Indramayu, Kamis (1/4/2021). Anak-anak rentan terpapar Covid-19, diimbau memakai masker saat di luar rumah. 

TRIBUNJABAR.ID - Meningkatnya kasus harian Covid-19 di Indonesia yang terjadi cukup signifikan karena subvarian Omicron.

Agar tak terpapar, masyarakat yang masuk dalam kategori rentan diminta untuk tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Kelompok rentan yang dimaksud di antaranya komorbid (orang dengan penyakit penyerta kronis), orang dengan gangguan kekebalan tubuh, kalangan lansia, ibu hamil, anak-anak, dan orang yang belum divaksin Covid-19.

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI, Prof. Tjandra Yoga Aditama, mengatakan setiap orang harus lebih bijak menakar risiko penularan Covid-19, termasuk kapan perlu memakai dan melepas masker ketika beraktivitas di luar rumah. 

“Lansia, komorbid, gangguan imunologis, ibu hamil, dan anak-anak sebaiknya tetap pakai masker di luar ruangan. Juga, kalau ada kerumunan dengan risiko penularan yang besar, sebaiknya pakai masker," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/6). 

Mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Asia Tenggara itu, masyarakat perlu lebih cermati menyikapi aturan pelonggaran masker di luar ruangan.

Aturan tersebut tidak menyebutkan masyarakat bebas melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Namun, ketika situasi risiko penularan Covid-19 meningkat, berada di tengah-tengah kerumunan, atau sulit menjaga jarak dengan orang lain, masyarakat tetap dianjurkan memakai masker dengan benar. 

Satgas Waspada dan Siaga Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Erlina Burhan merekomendasikan pemerintah mencabut kebijakan pelonggaran masker di ruang terbuka, seiring peningkatan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir. 

“"Pemakaian masker di ruang terbuka kembali dianjurkan," kata Erlina dalam konferensi pers di kantor Sekretariat PB IDI, Selasa (21/6/2022).

Menurut Erlina, tren kasus Covid-19 di Indonesia cenderung fluktuatif. Sehingga, pemerintah harus sigap memberikan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat yang mulai jenuh menghadapi pandemi Covid-19.

"Dalam kondisi saat ini, kami dari PB IDI meminta agar tetap gunakan masker meski di ruang terbuka, apalagi di ruang tertutup," ujarnya. (kompas.com)

Baca juga: UPDATE Covid Jabar, Subvarian Omicron Sudah Masuk Bodebek, Bandung dan Cimahi, Pemprov Waspada

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved