Populerkan Wisata Jabar, Disparbud Jabar Rekrut 108 Ambasador Pariwisata Sekaligus Konten Kreator

Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat merekrut 108 konten kreator atau ambasador pariwisata yang nantinya bertugas mempromosikan berbagai destinasi

TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD SYARIF ABDUSSALAM
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengukuhkan 108 ambasador pariwisata atau konten kreator di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat merekrut 108 konten kreator atau ambasador pariwisata yang nantinya bertugas mempromosikan berbagai destinasi wisata di Jabar lewat akun media sosial masing-masing.

Pengukuhan 108 ambasador pariwisata itu dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/6/2022).

Ridwan Kamil mengatakan langkah ini merupakan cara baru dalam mempromosikan sektor wisata yang memposisikan diri sebagai tulang punggung ekonomi Jawa Barat. Apalagi, Jabar menargetkan 40 juta kunjungan wisata tahun ini.

"Satu inovasi dari Pemprov Jabar mengangkat pariwisata sebagai unggulan ekonomi. Kita melihat fenomena bahwa mempromosikan wisata tidak bisa lagi dengan teori lama. Seperti pasang baligo besar-besaran. Pola promosi hari ini berbeda," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Pendekatan promosi lewat dunia digital, kata Emil, menjadi pilihan saat ini mengingat keterikatan masyarakat dengan media sosial sangat erat.

"Karena kita hidup di era digital maka digital marketing jadi pilihan. Nah digital marketing juga kita tidak menyewa kantor besar tapi gunakan citizen journalism. Maka lahirlah ambasador wisata Jabar ada 108 konten kreator yang follower-nya banyak itu kriterianya, hasilnya bagus, dari 2000-an yang mendaftar," tuturnya.

Baca juga: Deretan Objek Wisata Bernuansa Mistis dan Horor di Jawa Barat, Berani Datang ke Sini Malam-malam?

Emil berharap, hadirnya konten promosi wisata tersebut bisa menjadi referensi sekaligus merekam destinasi wisata baru yang belum banyak dikenal masyarakat.

"108 ini nanti hasilnya akan membanjiri gawai orang yang datang ke Jabar sehingga berakhir pada naiknya kunjungan pariwisata dimana kita sebenarnya tidak terlalu fokus pada wisatawan asing," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved