Ruang Kelas Rusak Berat, Puluhan Siswa SD Salenggang Sukabumi Belajar di Musala dan Rumah Warga

Dari tujuh ruang kelas yang ada, hanya tiga kelas di SD Negeri Salenggang yang masih bisa dipakai belajar. Sedangkan sisanya sudah rusak berat.

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Puluhan pelajar di SD Negeri Salenggang, Desa Gunungsungging, tak bisa belajar di kelas 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Puluhan pelajar di SD Negeri Salenggang, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi terpaksa harus belajar di musala dan rumah warga. Mereka terpaksa belajar di tempat-tempat tersebut karena ruang kelas yang ada nyaris ambruk.

Berdasarkan laporan yang diterima Jabar Quick Response (JQR) dari pihak sekolah, dari tujuh ruang kelas yang ada, hanya tiga di antaranya yang masih bisa dipakai belajar. Sedangkan sisanya sudah rusak berat.

Empat kelas ini memiliki atap yang berlubang, rangka kayu dari atap dan langit-langit sudah banyak yang jatuh ke dalam kelas. Bahkan saat kegiatan belajar berlangsung, sebuah balok kayu yang jatuh nyaris menimpa murid.

Baca juga: Masih Ingat Salma Anak Angkat AKBP Sumarni di Sukabumi? Prestasinya di Sekolah Sangat Membanggakan

Semenjak itu, para guru mulai menonaktifkan kelas yang sudah rusak dan memindahkan pengajaran di musala dan rumah warga. Dengan total jumlah siswa sebanyak 121 orang, yang bisa dipakai hanya ruang siswa kelas 1, kelas 6, dan ruang guru.

Sementara itu, Tim Jabar Quick Response mendapat aduan dibutuhkannya tenda darurat untuk belajar siswa. Pada 9 Juni 2022, tim JQR mengantarkan tenda darurat dari Eiger ukuran 12x6 untuk digunakan 2 kelas menjadi kelas darurat.

Selain mendirikan tenda kelas darurat, JQR juga memberikan bantuan seragam dari OneFineSky sebanyak 54 buah.

Divisi Kelembagaan dan Kemitraan Jabar Quick Response, Dony Yanwar, menjelaskan bahwa pihaknya berencana melakukan kolaborasi dengan lembaga lain untuk merenovasi sekolah-sekolah dengan kondisi yang sudah tak layak termasuk SD Negeri Salenggang.

"Selain SD Negeri Salenggang, ada tiga sekolah yang diberikan bantuan berupa satu set seragam untuk para siswanya yakni di SD Negeri Ciloma, SD Negeri Pamoyanan, dan SD Negeri 1 Cidahu," kata Dony, Sabtu (18/6/2022).

Selain itu pihaknya berencana memberikan bantuan perahu kesehatan untuk keperluan warga di sana.

Baca juga: Berikut Rekomendasi Tempat Liburan Saat Libur Sekolah, Seru dan Aman untuk Anak di Masa Pandemi

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved