Dua Pemuda Merampok Rumah Warga Kedawung Cirebon, Mau Lari Tercebur di Kolam Renang, Tertangkap

Dua pemuda berinisial AA (27) dan MR (23) nekat merampok rumah warga di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar (kanan), beserta jajarannya saat menunjukkan sejumlah barang bukti dalam konferensi pers di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Kamis (16/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Dua pemuda berinisial AA (27) dan MR (23) nekat merampok rumah warga di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Namun, mereka tertangkap basah setelah tercebur ke kolam renang yang berada di rumah korban saat hendak kabur karena aksinya tepergok oleh warga sekitar.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, aksi perampokan itu terjadi pada Senin (13/6/2022) malam kira-kira pukul 20.30 WIB.

Menurut Kapolres, kedua tersangka juga sebelumnya beraksi di rumah yang sama dan berhasil menggondol pendingin ruangan dari salah satu kamar.

Baca juga: Viral Wanita di Cirebon Melahirkan Bayinya Dalam Mobil Taksi Online, Bidan Potong Ari-ari di Mobil

"Ini aksi mereka yang kedua kalinya dan targetnya pendingin ruangan atau AC di kamar lainnya," ujar M Fahri Siregar saat konferensi pers di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Kamis (16/6/2022).

Ia mengatakan, mereka berhasil masuk ke rumah korban setelah memanjat pagar kemudian, mencongkel pintu menggunakan linggis yang mereka bawa.

Selanjutnya AA dan MR masuk ke salah satu kamar yang berada di lantai dua, kemudian langsung membongkar pendingin ruangan.

Namun, tetangga korban memergoki aksi mereka dan langsung berteriak maling sehingga menarik perhatian warga sekitar ke rumah tersebut.

Baca juga: Cegat Istri Orang di Tengah Jalan, Pria Warga Cirebon Ini Tak Terima Ditegur Suaminya, Malah Aniaya

Para tersangka pun panik saat mendengar tetangga korban berteriak dan berniat mengambil langkah seribu melalui jendela di kamar tersebut.

"Saat keluar dari jendela tersebut, AA terjatuh ke kolam renang di rumah korban, sedangkan MR kabur melalui atap dan melompat ke rumah lainnya," kata M Fahri Siregar.

Fahri menyampaikan, AA yang jatuh ke kolam renang dapat ditangkap warga.

MR yang kabur melalui atap pun bernasib serupa hingga dipaksa turun oleh warga setempat.

Petugas Polsek Kedawung langsung mendatangi lokasi setelah menerima laporan dari masyarakat mengenai aksi pencurian tersebut dan mengamankan kedua tersangka.

Bahkan, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya, AC, sepeda motor, dan linggis yang digunakan para tersangka untuk mencongkel pintu rumah korban.

Selain itu, akibat perbuatannya AA dan MR juga dijerat Pasal 363 KUHP serta diancam hukuman maksimal sembilan tahun penjara.

"Dari pengakuannya, mereka merampok di rumah tersebut karena kondisinya kosong dan daerah sekitarnya juga relatif sepi," ujar M Fahri Siregar. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved