Breaking News:

Joko Widodo Bakal Resuffle Kabinet, Pengamat Bilang Bakal Ada Kejutan Soal Pergantian Menteri 

Deden Ramdan, pengamat pemerintahan dari Universitas Pasundan (Unpas) menilai wajar jika Presiden Joko Widodo melakukan resuffle kabinet. 

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Darajat Arianto
Kanal YouTube Sekretarian Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan keterangan pers mengenai Larangan Ekspor Minyak Goreng secara virtual, Rabu (27/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.


TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Deden Ramdan, pengamat pemerintahan dari Universitas Pasundan (Unpas) menilai wajar jika Presiden Joko Widodo melakukan resuffle kabinet. 


Menurutnya, dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang disebut sistem presedensial, seorang Presiden punya otoritas penuh untuk melakukan pergantian Menteri. 


"Ini biasanya terkait dengan meningkatkan kinerja dari kabinetnya. Tentu otoritas penuh ada di tangan Presiden sebagai pemegang dari sistem presedensial ini, sehingga sewaktu-waktu jika dibutuhkan bahwa Presiden itu punya otoritas untuk melakukan resuffle," ujar Deden, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (14/6/2022). 


Ada berbagai faktor yang memungkinkan Presiden mengganti pembantunya.

Salah satunya berkaitan dengan kondisi sosial, politik dan ekonomi saat ini. 


"Alasannya tentu berkaitan dengan perjalanan kabinet yang berjalan, disisa dua tahun ini Presiden pasti punya target tertentu," katanya. 


Pertimbangan lainnya, kata dia, bisa aja terkait kondisi ekonomi Nasional dan Internasional yang membutuhkan akselerasi dari para pembantunya. 


"Jadi, tidak boleh ada menteri yang misalnya ketinggalan ekspektasi. Misalnya contoh Presiden ingin pertumbuhan ekonomi 6 persen pertahun, ternyata menteri itu tidak mampu memenuhinya," ucapnya. 


Selain itu, kata dia, isu resuffle juga bisa saja karena Joko Widodo marah kepada para menteri yang menghamburkan anggaran negara. 


"Menghamburkan anggaran untuk membeli produk impor yang sebetulnya bisa dibuat di Indonesia, ini kan semacam penanda Presiden itu memberikan indikasi dia akan melakukan resuffle," katanya. 


Mengenai Menteri siapa yang akan diganti, Deden mengaku tidak tahu dan yang pasti Joko Widodo bakal memberikan kejutan


"Hanya Jokowi dan Tuhan saja yang tahu, tapi kalau melihat tanda-tanda indikatornya sudah mulai menguat ya, saya menangkap bahwa Jokowi ini senantiasa memberikan kejutan-kejutan,"ucapnya.  (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved