Satu Buaya Tertangkap, Warga Laporkan Masih Ada Buaya Lainnya di Sungai Kedungputri Kota Cirebon

Berdasarkan laporan warga setempat diduga masih terdapat dua ekor buaya yang hidup di Sungai Kedungputri itu.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Petugas KSDA Resor Cirebon saat mengevakuasi buaya muara yang ditemukan di Sungai Kedungputri, Kp Bendakerep, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Sabtu (4/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Buaya muara ditemukan di Sungai Kedungputri, Kp Bendakerep, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Sabtu (4/6/2022).

Namun, Kasat Polair Polres Cirebon Kota, AKP Sayuti Ubrata, mengakui sempat menerima laporan warga yang melihat buaya lainnya di sungai tersebut.

Menurut dia, berdasarkan laporan warga setempat diduga masih terdapat dua ekor buaya yang hidup di Sungai Kedungputri itu.

"Tapi, lokasi buaya itu sempat terlihat memang jauh dari permukiman warga Bendakerep," kata Sayuti Ubrata saat ditemui di lokasi penemuan buaya.

Baca juga: Buaya Muara Ditemukan di Sungai Kedungputri Kota Cirebon, Sempat Jadi Tontonan Warga

Karenanya, pihaknya melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Argasunya selalu mengimbau warga untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas di sungai.

Terutama warga Kp Bendakerep yang biasa melintasi sungai secara langsung saat beraktivitas sehingga diminta selalu mewaspadai hal tersebut.

Ia juga mengakui laporan itu belum dapat dipastikan kebenarannya, karena buaya tersebut hanya sesekali terlihat oleh warga saat menyebrang Sungai Kedungputri.

"Dari laporan yang kami terima ukuran buaya yang dilihat warga di sungai ini sedikit lebih besar dibanding buaya yang sudah dievakuasi KSDA," ujar Sayuti Ubrata.

Sayuti mengatakan, buaya yang panjangnya kira-kira mencapai satu meter tersebut ditemukan warga yang sedang mencari ikan di Sungai Kedungputri.

Selanjutnya satwa bernama latin Crocodylus porosus itu pun ditangkap dan kaki serta mulutnya diikat menggunakan lakban.

Baca juga: Banyuasin Terendam Banjir, 21 Buaya Lepas dari Penangkaran, Pengungsi Waswas Diminta Jauhi Air Dalam

Warga pun melaporkan penemuan buaya yang diperkirakan baru berusia tiga hingga empat tahun tersebut ke Polres Cirebon Kota kemudian diteruskan ke KSDA Resor Cirebon.

"Saat ini, buaya tersebut sudah dievakuasi KSDA Resor Cirebon, dan kami kembali mengingatkan warga agar selalu berhati-hati beraktivitas di sekitar sungai," kata Sayuti Ubrata.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved