Greysia Polii Pensiun, Merasa Capaiannya Setelah Medali Emas Olimpiade Tokyo Sudah Cukup

Pebulutangkis putri Indonesia, Greysia Polii akan mengumumkan dirinya pensiun dari bulutangkis Indonesia tahun ini.

Alexander NEMENOV / AFP
Atlet Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii Indonesia berpose dengan medali emas bulu tangkis ganda putri mereka pada upacara selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 2 Agustus 2021. (Alexander NEMENOV / AFP) 

TRIBUNJABAR.ID- Pebulutangkis putri Indonesia, Greysia Polii akan mengumumkan dirinya pensiun dari bulutangkis Indonesia tahun ini.

Pengumuman Greysia Polii pensiun dari bulutangkis Indonesia akan digelar di acar Greysia Polii: Testimonial Day.

Acara akan digelar pada Minggu (12/6/2022) sebelum laga final Indonesia Master dimulai. Di akhir karirnya sebagai pebulutangkis putri Indonesia, dia meraih medali emas di Olimpiade Tokyo.

Ia bersyukur bisa mengakhiri karir di dunia bulutangkis dengan meraih medali emas di Olimpiade Tokyo bersama Apriyani Rahayu.

"Tidak ada kata lain selain mengucap syukur dengan apa yang sudah saya dapatkan selama ini. Cukup mungkin kata yang tepat bagi saya sekarang," kata Greysia Polii.

Ia menjelaskan, setiap atlet, memimpikan bisa juara dan meraih berbagai gelar.

Baca juga: Bikin Bangga Tanah Air, Dita Karang dan Greysia Polii Dapat Penghargaan dari Duta Besar Indonesia

"Saya rasa setia atlet yang sudah berjuang mendedikasikan hidupnya ke bulutangkis ingin juara semua turnamen, gelar apapun kami ingin. Kami diciptakan sebagai juara," katanya.

Hal yang membuat dia bersyukur, bisa meraih prestasi di Olimpiade Tokyo sebelum dia pensiun.

"Tapi saat ada di posisi saya sekarang, ketika juara olimpiade, saya tidak menyangka. Itu hal yang selalu saya syukuri. Tuhan kasih sebelum saya menyatakan berhenti sebagai atlet," ucapnya.

"Itu saya lebih syukuri, top of my priority yang saya syukuri dibandingkan melihat hal-hal yang belum saya raih. Saya sudah cukup, " ujar pebulu tangkis berusia 34 tahun tersebut.

"Puji Tuhan sudah dikasih jalannya walau dari kecil sulit sekali ganda putri Indonesia untuk berprestasi di level dunia. Saya bisa mengatakan semua yang saya dapatkan sudah cukup," ucap Greysia Polii.

Setelah Greysia Polii pensiun, mungkinkah dia jadi pelatih?

Ia bercerita pengalamannya saat diminta sebagai pelatih jika berhenti sebagai pemain. Namun, dia berpikir bahwa hidup harus berjalan.

"Tapi paling tidak, ada sesuatu yang harus dikontribusikan untuk bulutangkis Indonesia dan dunia. Tahun lalu, ketika diskusi dengan pak Alex, kemungkinan bisa apa saja," kat Greysia Polii, saat konferensi pers di Social Garden, Senayan City, Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Hingga saat ini, dia belum memutuskan apakah akan berkarir sebagai pelatih bulutangkis di Indonesia.

"Memang sampai sekarang belum clear apa saja. Namun, kontribusi saya untuk bulu tangkis Indonesia akan selalu ada meski berhenti sebagai atlet," tutur Greysia Polii.

Ia berkisah bahwa dia punya prioritas dan perlu berkonsultasi dengan suaminya jika kelak kembali berkecimpung di dunia bulutangkis.

""Nanti akan kami bicarakan lagi seperti apa. Saya juga ada prioritas ya. Saya harus izin ke suami, tetapi dia orangnya sangat suportif. Saya bukan cuma milik dia, tetapi juga punya bulu tangkis Indonesia," ucap Greysia Polii.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Greysia Polii Pensiun, Minat Jadi Pelatih Bulu Tangkis? ", Klik untuk baca:

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved