Kalangan Milenial Mesti Paham, Begini Cara Jadi Generasi Cashless yang Cerdas Kelola Keuangan

masyarakat juga perlu memperhatikan serangkaian cara untuk bisa menjadi masyarakat cashless yang cerdas dalam mengelola keuangan.

Dok. ShopeePay
Pakar Finansial Andhika Diskartes 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kemajuan industri pembayaran digital membawa berbagai manfaat dan kemudahan bagi masyarakat hingga semakin mendorong terbentuknya masyarakat non-tunai atau cashless society.

Namun, dengan hadirnya kemudahan bertransaksi untuk berbagai kebutuhan, masyarakat juga perlu memperhatikan serangkaian cara untuk bisa menjadi masyarakat cashless yang cerdas dalam mengelola keuangan.

Pakar Finansial Andhika Diskartes, mengatakan, para penyedia layanan pembayaran digital, semakin banyak menghadirkan rangkaian keuntungan dan kemudahan untuk pengguna.

Ia memberikan contoh sistem QRIS yang dihadirkan untuk memungkinkan transaksi nirkontak yang aman dan praktis bagi pelaku bisnis dan pelanggan.

"Berbagai kemudahan yang bisa dinikmati masyarakat ini harus disertai dengan kesadaran terhadap perencanaan keuangan agar masyarakat bisa bertransaksi secara cerdas dan leluasa sehingga tidak terjadi keborosan,” ujar Andhika dalam acara ShopeePay secara virtual, Kamis (2/6/2022)

Tentunya dibutuhkan cara-cara efisien dalam mengatur keuangan sehari-hari, terutama generasi masa kini yang melek terhadap perkembangan teknologi dan pandai manfaatkan layanan non tunai.

Andhika mengatakan, untuk menetapkan target finansial menjadi bagian paling mudah dari perencanaan keuangan pribadi, sedangkan kedisiplinan saat mengambil keputusan dalam pengeluaran sehari-hari adalah bagian yang sulit.

"Apalagi saat ini banyak produk lokal UMKM Indonesia yang menarik untuk dibeli, yang apabila selalu dituruti, berpotensi untuk menjadi pengeluaran yang tidak terkendali," ujarnya.

Oleh karena itu, berbagai keputusan kecil yang terkesan sepele dapat menentukan apakah Anda bisa bertahan atau keluar jalur dari perencanaan finansial yang telah ditetapkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved