Ibadah Haji 2022

Belasan Calon Jemaah Haji Kota Cirebon Batal Berangkat ke Tanah Suci, Kemenag: Ada Perbedaan Aturan

Seratusan lebih calon jemaah haji asal Kota Cirebon dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada akhir bulan ini. Rencananya, mereka yang seharusnya ber

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNCIREBON.COM/AHMAD IMAM BAEHAQI
Kepala Kemenag Kota Cirebon, Moh Ahsan. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi


TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Sebanyak 159 orang jemaah haji asal Kota Cirebon dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada akhir bulan ini.


Rencananya, mereka yang seharusnya berangkat pada 2019 namun tertunda akibat pandemi Covid-19 itu terbang ke Arab Saudi pada 28 Juni 2022.


Kepala Kemenag Kota Cirebon, Moh Ahsan, mengatakan, jumlah jemaah haji asal Kota Cirebon yang berangkat pada tahun ini mencapai 158 orang.


Namun, pihaknya mengakuoerdapat 13 orang yang batal berangkat ke Tanah Suci, karena telah melewati batasan usia maksimal, yakni 65 tahun.


"Ibadah haji tahun ini, ada perbedaan aturan dari Kerajaan Arab Saudi," kata Moh Ahsan saat ditemui usai penutupan Bimbingan Manasik Haji Massal di Islamic Center Kota Cirebon, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Kamis (2/6/2022).


Ia mengatakan, aturan mengenai pembatasan usia calon jemaah haji juga tertuang dalam Surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi yang dikeluarkan pada 10 April 2022.


Karenanya, menurut dia, seluruh calon jemaah haji asal Kota Cirebon yang berangkat pada tahun ini dipastikan masih berusia di bawah 65 tahun.


Selain itu, kuota jemaah haji dari Kota Cirebon yang biasanya mencapai 330-an orang pada tahun ini menurun hingga lebih dari 50 persen.


"Jadi, jemaah haji 2019 tidak semuanya berangkat ke Tanah Suci tahun ini, karena adanya aturan pembatasan kuota haji," ujar Moh Ahsan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved