Eks Aktivis 98 Bawa Titipan Erick Thohir, Perbaiki Rumah Marhaen Tokoh yang Inspirasi Bung Karno

Eks aktivis 98 bawa santunan dari Menteri BUMN Erick Thohir melalui PT Pupuk Kujang perbaiki rumah keluarga Marhaen, inspirasi Bung Karno

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Ketua Barikade 98 Benny Rhamdani saat berada di rumah keturunan Marhaen si Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung, Rabu (1/5/2022). 

TRIBUNJABAR.ID- Barikade 1998 yang dihuni eks aktivis 98 bawa santunan dari Menteri BUMN Erick Thohir melalui PT Pupuk Kujang untuk perbaiki rumah keluarga Marhaen, inspirator Soekarno.

Rumah keluarga Marhaen sendiri berada di Kelurahan Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung. Marhaen selama ini dikenal sebagai sosok petani yang bertemu dengan Soekarno di Bandung.

Saat itu, Soekarno bertemu Marhaen yang sedang mengolah tanah milik sendiri dengan cangkul sebagai alat produksi sendiri dan hasilnya untuk sendiri, namun masih dijerat kemiskinan.

Apa yang dilakukan Marhaen membuat Bung Karno tersentak karena meski punya tanah sendiri, alat produksi sendiri dan hasil pertanian untuk sendiri, Marhaen masih saja miskin.

Pertemuan itu jadi inspirasi Bung Karno untuk menjadikan masyarakat Indonesia yang mandiri secara ekonomi, berdaulat secara politik dan berkepribadian secara budaya.

Baca juga: Bulan Bung Karno, Kader PDI Perjuangan Jabar Ziarahi Makam Ki Marhaen

Bagi pengikut Bung Karno, Marhaen jadi ajaran tersendiri terutama untuk kemandirian. Saking terkenalnya, orang menyebutnya jadi ajaran Marhaenisme.

Bagi Soekarno, fenomena petani seperti Marhaen ini merupakan kondisi yang terbalik dengan kehidupan masyarakat miskin di Eropa di zamannya.

Jika Marhaen yang punya tanah sendiri, alat produksi sendiri dan hasil untuk sendiri namun tetap miskin, di Eropa, masyarakat miskin makin miskin meski tak punya alat produksi. Namun, penyebabnya sama, penghisapan manusia atas manusia lewat sistem kapitalisme.

Karena sosok Marhaen dianggap inspirasional, sejumlah eks aktivis 1998 yang tergabung dalam Barikade 98 ini memperbaiki rumah keluarga Marhaen.

Ketua Barikade 9, Benny Rhamdani menyebut, perbaikan rumah keturunan Marhaen ini sebagai upaya agar tidak melupakan sejarah.

Baca juga: MELIHAT Kamar Tahanan yang Pernah Dihuni Bung Karno di Lapas Sukamiskin

karena bagaimanapun, menurunya, Marhaen merupakan sosok inspirasi dari Bung Karno. Makam Marhaen sendiri berada di kawasan Bandung Kidul, di belakang rumah-rumah mewah perumahan Batununggal.

"Kita ingat persis apa yang disampaikan Bung Karno, agar tidak melupakan sejarah. Karena banyak orang sudah melakukan upacara untuk memperingati hari ini, maka kita ziarah ke makam Marhaen dan merenovasi rumah salah satu cucunya," kata Benny, Rabu (1/6/2022).

Pada kesempatan itu, biaya renovasi rumah keturunan Marhaen mencapai Rp 45 juta yang berasal dari PT Pupuk Kujang.

Jumlah ini bisa ditambah tergantung hasil dari renovasi. Bahkan tidak menutup kemungkinan rumah dua cucu Marhaen yang masih hidup pun bakal direnovasi juga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved