Tahapan Pemilu Serentak Dimulai 14 Juni 2022, KPU Pastikan Tepat Waktu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022.

Penulis: Deanza Falevi | Editor: Siti Fatimah
Komisoner KPU RI, Idham Holik (tengah) pastikan tahapan dan penyelenggaraan Pemilu serentak di tahun 2024 akan tepat waktu, Selasa (31/5/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisioner KPU RI periode 2022-2027, Idham Holik saat menghadiri Rapat Koordinasi KPU Jawa Barat di Hotel Ibiz Trans Studio Bandung.

Dirinya mengatakan, jadwal tersebut telah merujuk pada ketentuan perundangan yang mengharuskan tahapan pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

"Sudah dipastikan pemilu serentak akan berlangsung pada 14 Februari 2024. Dengan begitu, hal-hal strategis terkait penyelenggaraan dan peluncuran resmi dimulai tahapan Pemilu 2024 adalah 14 Juni tahun ini," ucap Idham kepada Tribunjabar.id di Hotel Ibiz Trans Studio Bandung, Selasa (31/5/2022).

Adapun kehadirannya di Rapat Koordinasi ini, Idham mengatakan, untuk memastikan bahwa tahapan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan kualitas manajemennya.

"Selain itu, rapat ini juga berkaitan untuk peningkatan kuantitas dan kualitas partisipasi masyarakat," tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, rapat ini juga untuk peningkatan pelayanan calon peserta pemilu. "Dan dapat meminimalisir potensi sengketa di berbagai tahapan penyelenggaraan Pemilu," katanya.

Tak hanya itu saja, Idham juga mengatakan bahwa persiapan ini dilakukan untuk meminimalisir pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan tata kelola penyelenggaraan Pemilu.

Dirinya juga memastikan, Pemilu akan berjalan tepat waktu sesuai yang sudah ditetapkan.

"InsyaAllah, akan berjalan sesuai tepat waktu baik tahapan pemilu maupun saat berlangsungnya Pemilu serentak pada tahun 2024," ucap Idham.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved