SOSOK Patrick Walujo, Big Bos Persib Bandung Selain Glenn Sugita Gelontorkan Duit ke Maung Bandung

Selain Glenn Sugita, ada sosok lain yang berperan penting di Persib Bandung terkait pendanaan, yakni Patrick Walujo, Co Founder Northstar.

Tribun Jabar / Muhammad Nandri
Patrick Walujo seusai hadiri leaders talk di Unpar, Bandung, Senin (30/5/2022). 

TRIBUNJABAR.ID- Northstar, sebuah perusahaan pengelola keuangan sempat jadi sponsor Persib Bandung. Di balik perusahaan itu, ada Patrick Walujo.

Di Northstar, Patrick Walujo menjabat Co Founder. Di perusahaan itu pula, ada Glenn Sugita yang kini menjabat Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat.

Dia juga sempat memimpin Samudera Energy, perusahaan yang terlibat dalam pengembangan proyek migas blok Madura yang disebut-sebut punya cadangan gas mencapai 442 miliar kaki kubik senilai USD 650 juta.

Pada musim 2012, Samudera Energy juga turut mensponsori Persib Bandung. Bersama Glenn Sugita di Northstar, mereka memiliki segudang portofolio investasi yang moncer dalam satu dekade terakhir.

Patrick Walujo sendiri merupakan lulusan Cornel University, New York dan sempat bekerja sebagai invesment banker associate di Goldman Sachs.

Baca juga: Turnamen Pramusim 2022, Pelatih Bali United Sebut Satu Grup dengan Persib Bandung Sangat Menarik

Sedangkan Glenn Sugita, lulusan Tennessee Technological University ini dulu bekerjaa sebagai Associate Director Bahana Securities.

Northstar memperoleh kepercayaan dari fund besar asal AS, Texas Pacific Group untuk mengelola sejumlah dana untuk diinvestasikan.

Sejumlah perusahaan masuk jadi daftar portofolio. Selain Persib Bandung, sejak berdiri pada 2003, Northstar Group telah mengumpulkan lima dana ekuitas swasta dan berinvestasi di lebih dari 35 perusahaan di berbagai sektor seperti perbankan, asuransi, konsumer dan ritel, manufaktur, minyak dan gas, batubara dan pertambangan, teknologi, telekomunikasi, dan agribisnis.

Dikutip dari Kontan, Patrick Walujo sendiri merupakan menantu dari pendiri Triputra Group yaitu T.P. Rachmat yang juga pernah menjadi bos Astra Group.

Apabila ditelusuri, ada sejumlah emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terafiliasi atau dimiliki oleh Northstar Group.

Misalnya, PT Bank Jago Tbk (ARTO), di mana Northstar Group memiliki saham emiten tersebut lewat Wealth Track Technology sebanyak 11,68 % . PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) dimiliki Northstar Group melalui Clover Universal Enterprise Ltd dengan kepemilikan saham 14,95 % .

Lalu, ada emiten jasa pertambangan, PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) yang dimiliki Northstar Group melalui Northstar Tambang Persada Ltd sebanyak 37,86 % .

Ada pula PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) yang bergerak di bidang pembiayaan, di mana Northstar Group memiliki 42,81 % saham BFIN lewat Trinugraha Capital & Co Sca.

Northstar Group juga berinvestasi di perusahaan sekuritas yaitu PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) melalui Advance Wealth Finance Ltd dengan kepemilikan sebesar 49,23 % .

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved