HEBOH, Diawali Suara Gemuruh, Sebuah Lubang Besar Misterius Muncul di Area Persawahan Bandung Barat

Sebuah lubang besar misterius tiba-tiba muncul di area persawahan di Kampung Cigondok, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, KBB.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Hermawan Aksan
Dok BPBD KBB
Sejumlah warga dan petugas BPBD KBB saat melakukan pengecekan lubang misterius yang muncul di area persawahan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Sebuah lubang besar misterius tiba-tiba muncul di area persawahan di Kampung Cigondok, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Lubang besar dengan diameter sekitar satu meter dan kedalaman 10 meter itu ditemukan warga pada Senin (30/5/2022) pagi, hingga membuat warga kaget dengan adanya penemuan lubang misterius tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Duddy Prabowo, mengatakan, munculnya lubang besar di area persawahan tersebut bermula dari terjadinya pergerakan tanah.

"Awal mula terjadinya setelah warga mendengar suara gemuruh pergerakan tanah, kemudian ditemukan kemunculan lubang besar itu," ujarnya saat dihubungi, Selasa (31/5/2022).

Suara gemuruh pergerakan tanah seperti limpasan atau tumpahan air tersebut, kata Duddy, terdengar oleh salah satu warga yang dekat dengan area persawahan pada pukul 04.00 WIB.

Kemudian, warga yang mendengar suara gemuruh dari area persawahan itu sontak keluar rumah dan mencari sumber suara hingga akhirnya ditemukan sebuah lubang besar di area persawahan.

"Setelah dilihat ada kejadian lubang berdiameter kurang lebih 1 meter dengan kedalaman kira-kira 10 meter, dan di kiri kanan dalam lubang tersebut terdapat jalur lubang yang lurus," katanya.

Menurut Duddy, fenomena kemunculan lubang misterius itu bagian dari fenomena alam yang sangat jarang terjadi sehingga kejadian ini sempat menggegerkan warga setempat.

Akhirnya, warga yang khawatir terjadi pergerakan tanah susulan, langsung bergotong-royong untuk mengurug lubang misterius tersebut.

"Warga berusaha menutupi lubang itu menggunakan tanah dan material barangkal, sehingga saat ini lubang tersebut sudah tertutup," ucap Duddy. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved