Breaking News:

Mencairkan Kebekuan Antar Alumnus, IKA UPI Komisariat FPOK Gelar Halalbihalal di Kota Cirebon

Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar alumnus, IKA UPI Komisariat FPOK menggelar kegiatan halal bihalal yang digelar di Kota Cirebon

Penulis: Oktora Veriawan | Editor: Oktora Veriawan
DOK IKA UPI KOMISARIAT FPOK
Foto bersama seluruh IKA UPI Komisariat FPOK pada malam puncak halalbihalal di SMPN 4 Kota Cirebon, Sabtu (28/5/2022) malam. 

CIREBON, TRIBUN - Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar alumnus, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Komisariat Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) menggelar kegiatan halalbihalal yang digelar di Kota Cirebon, Sabtu-Minggu, 28-29 Mei 2022.

Acara pembukaan digelar di kawasan Stadion Bima Kota Cirebon yang diisi dengan kegiatan senam bersama, pertandingan mini soccer, dan ramah tamah. Pertandingan bola voli di gelar di SMPN 4 Kota Cirebon, sedangkan untuk pertandingan tenis meja dan tenis lapangan digelar di Kantor Dispora Kota Cirebon. Untuk acara puncak digelar di SMPN 4 Kota Cirebon.

Foto bersama setelah kegiatan olahraga bersama
Foto bersama setelah kegiatan olahraga bersama (DOK IKA UPI KOMISARIAT FPOK)

Pada malam puncak, selain temu kangen, diisi pula dengan kegiatan bakti sosial yakni santunan anak yatim piatu. Selain itu, ada pula pemberian penghargaan bagi para dosen, guru besar, dan mantan dosen FPOK UPI.

Turut hadir dalam malam puncak, Ketua IKA UPI Komisariat FPOK Brigjen Pol Dr Juansih Dra SH MHum, Dekan FPOK UPI Bandung Prof Dr. Boyke Mulyana, M.Pd, Ketua Igornas Jabar Agus Nur, serta Kepala Dispora Kota Cirebon Drs Sutikno AP MSi mewakili Wali Kota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH yang merupakan ketua pelaksana halal bilhalal, namun absen di acara tersebut karena ada keperluan lain. Turut hadir juga para dosen purnatugas FPOK, tamu undangan, dan para alumnus FPOK UPI dari berbagai angkatan perkuliahan.

Ketua IKA UPI Komisariat UPI Brigjen Pol Dr Juansih Dra SH MHum, dan Dekan FPOK UPI Bandung Prof Dr. Boyke Mulyana, M.Pd, saat memberikan sambutan. Sekaligus pemberian cinderamata kepada Kepala Dispora Kota Cirebon Drs Sutikno AP MSi yang mewakili Wali Kota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH.
Ketua IKA UPI Komisariat UPI Brigjen Pol Dr Juansih Dra SH MHum, dan Dekan FPOK UPI Bandung Prof Dr. Boyke Mulyana, M.Pd, saat memberikan sambutan. Sekaligus pemberian cinderamata kepada Kepala Dispora Kota Cirebon Drs Sutikno AP MSi yang mewakili Wali Kota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH. (DOK IKA UPI KOMISARIAT FPOK)

Brigjen Pol Juansih mengatakan, acara silaturahmi dan halal bilhalal ini bertujuan untuk mencairkan kembali suasana kekeluargaan antar para alumnus, serta untuk temu kangen para alumnus antar generasi dalam momen yang pas yakni halal bilhalal Idulfitri.

“Dengan ketulusan dari hati yang paling dalam, saya mohon maaf sebesar-besarnya, barangkali kita saling berkomunikasi ada hal-hal yang tidak berkenan. Mari kita saling memaafkan,” ujar Juansih saat memberikan sambutan di malam puncak.

“FPOK Ngahiji” jadi tema besar dari kegiatan halal bihalal. “Kita akan menjadi lebih kuat. Sesuatu akan menjadi kuat apabila kita menjadi satu,” jelas wanita yang menjabat sebagai Karojianbang Lemdiklat Polri.

Pemberian apresiasi kepada para dosen purnatugas dan beberapa alumnus berprestasi. Serta pemberian doorprize bagi alumnus yang beruntung.
Pemberian apresiasi kepada para dosen purnatugas dan beberapa alumnus berprestasi. Serta pemberian doorprize bagi alumnus yang beruntung. (DOK IKA UPI KOMISARIAT FPOK)

Dalam waktu dekat, kata dia, masa jabatannya sebagai Ketua IKA UPI Komisariat FPOK akan berakhir. Ia berharap estafet kepemimpinan dan kepengurusan organisasi ini akan mampu mempersatukan kembali para alumnus dan bisa terus menggelorakan slogan “FPOK Ngahiji”.

“Di mana saja kita berkiprah, ada yang menjadi Igornas, TNI/Polri, keolahragaan dan prestasi, pelatih, dan lainnya, itu semua bermula dari FPOK. Ini suatu kebanggaan bagi kita semua,” kata dia.

Foto bersama para alumnus FPOK UPI
Foto bersama para alumnus FPOK UPI (DOK IKA UPI KOMISARIAT FPOK)

Ia yakin semua alumnus FPOK UPI tidak akan lupa akan almamaternya. “Mari kita bersama-sama menguatkan rasa kebanggaan kita sebagai alumni FPOK UPI Bandung. Kebersamaan dan kekompakan harus tetap dipupuk,” kata dia.
Kadispora Kota Cirebon Drs Sutikno AP Msi, mengatakan kiprah dari para alumnus FPOK di berbagai daerah di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Banyak kontribusi yang sudah diberikan untuk masyarakat. “Diharapkan para alumnus bisa terus berprestasi bagi kemajuan dunia olahraga.” kata dia.

Foto bersama para alumnus FPOK UPI
Foto bersama para alumnus FPOK UPI (DOK IKA UPI KOMISARIAT FPOK)

Turut dilakukan juga pelantikan pengurus Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Kota Cirebon untuk masa bakti 2022-2026 oleh Ketua IGORNAS Jawa Barat Drs Agus Nur Mpd. “Kita ingin pengembangan olahraga ini bisa semakin baik di Kota Cirebon. Sehingga banyak prestasi yang bisa terwujud dari Kota Cirebon di kancah lokal, nasional, bahkan internasional,” kata dia.

Dekan FPOK UPI Prof Dr H RD Boyke Mulyana MPd berharap kegiatan temu kangen dan silaturahmi para alumnus bisa secara kontinyu dilakukan. “Kegiatan semacam ini diharapkan terus dipertahankan agar bisa memupuk persaudaraan. Ini luar biasa kita melihat kebersamaan ini,” kata dia.

Kegiatan olahraga bersama
Kegiatan olahraga bersama (DOK IKA UPI KOMISARIAT FPOK)

Saat ini, kata Boyke, FPOK UPI sendiri sudah memiliki tujuh prodi dari sebelumnya hanya tiga prodi. Adapun, prioritas pendidikan tetap diberikan oleh pihaknya kepada para anak dari alumnus FPOK UPI melalui jalur yang disediakan oleh pihak kampus.

“Kami menitipkan, utamakan bina lingkungan dari para kerabat FPOK ini. Insy Allah selain orang tua menitipkan ke kita, kita juga bisa memberikan report. Tahun lalu sudah jalan, diharapkan tetap dipertahankan tahun ini,” terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved