Petani Muda di Cianjur Hasilkan Cuan Rp 50 Juta per Bulan, Konsepnya Sederhana Hanya via Online Ini

Muhamad Rizal (26) petani milenial warga Kampung Pakalongan, Desa Sindangjaya, Cipanas, Cianjur berhasil menjual sayuran dengan omzet Rp 50 juta

TRIBUNJABAR.ID/FERRI AMIRIL MUKMININ
Muhamad Rizal (26) petani milenial warga Kampung Pakalongan, Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, yang menghasilkan omzet Rp 50 juta per bulan. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Muhamad Rizal (26) seorang petani milenial warga Kampung Pakalongan, Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur berhasil menjual sayuran hasil bertaninya dengan omzet per bulan Rp 50 juta.

Ia belum memiliki kios, sehingga penjualan yang ia lakukan dengan cara daring melalui akun online yang ia berinama ajofarm.

Usaha yang ia rintis baru dua tahun atau baru dimulai sejak tahun 2020.

Sebagai pemilik ajofarm ia menjadikan tagline fresh vegetable atau sayuran segar untuk menambah minat dari para pembeli yang kemudian hari ini menjadi pelanggan.

Cita-citanya sederhana, ia ingin menjadi petani muda meneruskan generasi petani leluhurnya di Cianjur yang bertani sayuran.

Bersama dengan 15 ribu petani muda lainnya, Rizal sempat mendapat pembinaan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur.

Produk yang dihasilkan Rizal di antaranya tomat ceri, paprika, wortel, sawi, cabai keriting, cabai merah, dan cabai rawit.

"Untuk saat ini hasil produk dipasarkan ke supermarket dan pasar tradisional serta hotel di kawasan Cipanas," kata Rizal, Jumat (27/5/2022) di Cianjur.

Rizal mengatakan, ia pertama terjun ke dunia pertanian setelah lulus dari sekolah SMK pertanian.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved