Meningkatkan Kualitas Layanan dan Penetrasi Peserta BPJAMSOSTEK

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bandung Suci, Agus Hariyanto mengatakan, dalam mencapai visi BPJAMSOSTEK mewujudkan jaminan sosial ketenagakerjaan ya

Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan 

TRIBUNJABAR.ID, Bandung - Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bandung Suci, Agus Hariyanto mengatakan, dalam mencapai visi BPJAMSOSTEK mewujudkan jaminan sosial ketenagakerjaan yang terpercaya, berkelanjutan, dan menyejahterakan seluruh pekerja Indonesia.

Kantor Cabang Bandung Suci memiliki dua strategi utama yaitu meningkatkan kualitas layanan dan penetrasi peserta.

Peningkatan kualitas layanan BPJAMSOSTEK dilakukan melalui 3 (tiga) cara; pertama simplikasi dan standarisasi proses klaim dan layanan, kedua meningkatkan engagemen dan retention dan ketiga kolaborasi data dan integrasi sistem.

Peningkatan penetrasi peserta BPJAMSOSTEK dilakukan melalui 3 (tiga) cara; pertama optimalisasi ekosistem eksisting pemberi kerja, kedua simplikasi proses pendaftaran (onboarding), ketiga partnership dan kolaborasi dengan mitra strategis.

Secara garis besar untuk memperluas coverage, pihaknya melakukan 4 (empat) strategi ekstensifikasi; pertama optimasliasi INPRES 02/2021 yang fokus pada sektor padat karya dan Paritrana sebagai award. Kedua, memperkuat sistem keagenan, penguatan agen bank, agen non-bank dan perisai. Ketiga melakukan partnership untuk meningkatkan awarness, dan data sharing. Keempat, subsidi bagi pekerja rentan dengan tingkat kemampuan rendah atau PBI.

Pihaknya juga melakukan 3 (tiga) strategi intensifikasi; pertama compliance dan penguatan atau pengawasan dan pemeriksaan melalui pelaksanaan regulasi, peningkatan posisi eksternal dan proses internal. Kedua ekosistem dan supply chain melalui asosiasi dan CSR pekerja rentan. Ketiga salses force productivity dan JKP sebagai insentif untuk mendorong kepatuhan melalui CRM.

Agus juga menyampaikan bahwa dalam mencapai visi, BPJAMSOSTEK memiliki tiga misi yaitu misi pertama, melindungi, melayani dan menyejahterakan pekerja dan keluarga. Kedua, memberikan rasa aman, mudah dan nyaman untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing peserta. Ketiga memberikan kontribusi dalam pembangunan dan perekonomian bangsa dengan tata kelola baik.

“Kami berharap melalui berbagai strategi dan misi yang kami lakukan, kesejahteraan seluruh pekerja dan keluarga Indonesia segera tercapai”, tutur Agus.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved