Dampak Positif Mudik Lebaran, Perekonomian Jabar Naik 5,61 Persen, Penerimaan Pajak Tumbuh Positif

Kebijakan pelonggaran mudik Lebaran oleh pemerintah, berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian Jawa Barat. 

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Darajat Arianto
Rilis kinerja APBN Jawa Barat, April 2022, di Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (27/5/2022).  

 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman


TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kebijakan pelonggaran mudik Lebaran oleh pemerintah, berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian Jawa Barat. 


Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb), Provinsi Jawa Barat, Ade Rohman saat menyampaikan rilis kinerja APBN Jawa Barat, April 2022, di Kantor Wilayah DJP Jawa Barat I, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (27/5/2022). 


"Kan dengan adanya mudik itu uang berputar, mendorong masyarakat berbelanja, dari segi transportasi juga ada efeknya, baik ke penerimaan pajak atau terhadap UMKM yang terdampak, dari segi pajak juga ada pertumbuhan ekonomi," ujar Ade. 


Pada triwulan I 2022, kata dia, perekonomian Jawa Barat tumbuh sebesar 5,61 persen. Tantangan ke depan, kata dia, dalam pengelolaan APBN, terutama dari sisi eksternal, perlu terus diwaspadai. 


Selain pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya selesai, masih ada tantangan besar yang perlu menjadi perhatian dan diantisipasi oleh Pemerintah, salah satunya lonjakan inflasi global. 


"Kinerja APBN harus dijaga, agar dapat terus berfungsi secara optimal untuk melindungi daya beli masyarakat berpenghasilan rendah dan rentan, serta menjaga keberlanjutan pemulihan ekonomi," katanya. 


Salah satu upaya yaitu mendorong pemulihan ekonomi yang akan dilanjutkan, yakni penebalan bantuan sosial dalam rangka mengatasi kenaikan harga-harga. 


"Upaya pemerintah tersebut dilakukan melalui peran fungsi APBN yang dilakukan melalui dua instrumen utama, yakni penerimaan dan belanja negara," ucapnya. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved