Konser Musik Sudah Boleh Digelar di Bandung, Pengamat Sebut Masyarakat Harus Tetap Lakukan Ini

Pengamat Kebijakan Publik Unpad Yogi Suprayogi Sugandi menyambut positif Peraturan Wali Kota tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Darajat Arianto
Istimewa
Pengamat Kebijakan Publik Unpad, Yogi Suprayogi Supriyadi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengamat Kebijakan Publik, Universitas Padjadjaran (Unpad), Yogi Suprayogi Sugandi menyambut positif Peraturan Wali Kota (Perwal), nomor 44 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 2.

Dalam Perwal tersebut, Pemkot Bandung melonggarkan aturan terkait izin keramaian, salah satunya menggelar konser musik di ruang terbuka dan tertutup.

"Pemerintah pusat itu kan belum mengeluarkan kebijakan pandemi ke endimi, sebetulnya proses perwal ini untuk menjaga-jaga bahwa kita ini lagi masa transisi," ujar Yogi, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (25/5/2022).

Menurutnya, meski izin sudah dapat dikeluarkan, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 harus tetap memastikan protokol kesehatan (Prokes) tetap dijalankan.

"Jadi, sebenarnya menurut saya tidak ada persoalan dengan peraturan wali kota ini, termasuk izin konser musik di dalam dan ruang terbuka. Untuk tempat tertutup kan diatur juga protokolnya, harus pakai masker itu ada aturannya," katanya.

Baca juga: Konser Musik di Bandung Barat Diizinkan, Tak Akan Dibubarkan, Tapi Ada Syaratnya

"Kalau di ruang terbuka kan pemerintah pusat sudah mengizinkan tidak menggunakan masker lagi, tapi kalau tertutup masih harus," tambahnya.

Perwal yang dibuat Pemkot Bandung pun, kata dia, sudah pasti merujuk pada aturan dari Pemerintah pusat.

"Tapi tetap, penegakan disiplin harus diperlihatkan terutama di tempat tertutup, kalau di tempat terbuka itu relatif longgar protokolnya," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved