Kandang Kebakaran, 8.000 Ekor Ayam Boiler di Bandung Barat Terpanggang, Pemilik Rugi Ratusan Juta

"Kemudian api merambat karena kandang ayam itu terbuat dari bambu dan kayu yang mudah terbakar. Akibatnya bangunan dan 8.000 ekor ayam terbakar,"

Dokumentasi Damkar KBB
Petugas pemadam kebakaran KBB saat memadamkan api di kandang ayam boiler, Selasa (24/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT- Ribuan ekor ayam boiler hangus terpanggang akibat kebakaran di sebuah kandang ayam, Selasa (24/5/2022) malam.

Kebakaran kandang ayam itu terjadi di Kampung Bongkok, RT 1/15, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kandang ayam milik Ujang M Sodikin itu terbakar pada pukul 19.45 WIB.

Akibatnya, ia mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah karena kandang beserta ayamnya ludes terbakar.

Danton Pemadam Kebakaran KBB, Yadi Supriadi, mengatakan kebakaran kandang ayam boiler tersebut bermula saat seorang karyawan menyalakan tungku manual menggunakan kayu bakar untuk menghangatkan kandang.

"Kemudian api merambat karena kandang itu terbuat dari bambu dan kayu yang mudah terbakar. Akibatnya bangunan dan 8.000 ekor ayam terbakar," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Kebakaran Hebat di Bojongsoang Bandung Pagi Tadi, 2 Gudang Penyimpanan Terbakar, Sempat Ada Ledakan

Akibat kejadian tersebut, kata dia, pemiliknya mengalami kerugian kurang lebih mencapai Rp 100 juta karena bangunan kandang dan semua ayam itu ludes terbakar hingga tak tersisa.

"Luas area kandang yang terbakar itu kurang lebih 360 meter persegi, termasuk semua ayamnya juga terbakar dan tidak bisa diselamatkan," kata Yadi.

Kejadian tersebut tidak sampai mengakibatkan adanya korban jiwa karena karyawan yang menyalakan tungku api itu bisa menyelamatkan diri, sementara pemiliknya sedang tidak ada di lokasi kejadian.

"Untuk korban jiwa maupun luka-luka nihil, tapi akibat kejadian ini kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 100 juta," ucapnya.

Yadi mengatakan, kobaran api yang membakar kandang berikut ribuan ayam tersebut bisa dipadamkan pada pukul 21.45 WIB, tetapi kandang dan ayamnya tidak terselamatkan karena jarak ke lokasi kejadian cukup jauh.

"Jarak dari Pos Damkar ke lokasi kejadian kurang lebih 8 kilometer, kemudian kami melakukan pemadaman, pendinginan, pendataan, pengecekan, dan koordinasi dengan aparat serta warga setempat," ujar Yadi.

 

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved