Girder Box Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Siap dari Kopo ke Tegalluar, Ini Fokus Selanjutnya

PT KCIC melakukan percepatan pembangunan jalur Kereta Api Cepat Bandung Jakarta-Bandung agar bisa diuji coba pada November 2022.

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin | Editor: Giri
Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung di Kecamatan Bandungkidul, Kota Bandung, Kamis (9/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melakukan percepatan pembangunan jalur Kereta Api Cepat Bandung Jakarta-Bandung agar bisa diuji coba pada November 2022.

Kini pembangunannya, telah selesai memasang girder box dari Casting Yard 4 (CY4) yang berlokasi di Kopo, Bandung, menuju Stasiun Tegalluar.

Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, mengungkapkan, girder box menjadi satu di antara bagian penting pembangunan proyek KCJB. 

"Kami bersyukur proses pemasangan semuanya bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan,” ujar Dwiyana.

Dwiyana mengatakan, selama pemasangan girder box ke arah Tegalluar, ditemukan beberapa hambatan, seperti terdapat beberapa titik kritis adanya saluran udara tegangan tinggi (SUTT) di daerah Batununggal. 

"Alhamdulillah telah selesai. Proses relokasi berjalan tanpa hambatan. Ini semua berkat dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat setempat,” kata Dwiyana.

Pemasangan girder box jalur Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dari Kopo ke Tegalluar telah selesai. (IST)
Pemasangan girder box jalur Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dari Kopo ke Tegalluar telah selesai. (IST) ()

Dwiyana menjelaskan dalam pemasangan girder box, kontraktor KCJB menggunakan girder launcher dengan tipe JQS900t serta girder transporter dengan tipe YSLL900B. Dengan teknologi tersebut, menurutnya, kontraktor dapat menyelesaikan pemasangan 3 girder box dalam sehari untuk dua arah.

Dwiyana mengatakan, pemasangan girder box di sepanjang lintasan KCJB sudah ditopang girder launcher dan girder transporter terbaik. 

"Selama ini, teknologi tersebut memiliki peran dalam mempercepat pembangunan konstruksi layang KCJB. Selain cepat, teknologi ini juga sangat efisien sehingga aktivitas konstruksi layang KCJB tidak mengganggu aktivitas sekitar,” ucap dia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved