Ini Wujud Asli Bom yang Dibawa Pelaku Perampokan di Salah Satu Bank di Majalengka, Dibuat Rapi

Barang-barang bukti itu dirangkai sedemikian rupa oleh pelaku hingga mirip bom yang digunakan untuk menakut-nakuti orang yang melihat.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Cirebon/ Eki Yulianto
Wujud Bom Rakitan Mainan yang Dibuat Pelaku Berinisial D untuk mencoba melakukan percobaan perampokan di salah satu bank di Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Senin (24/5/2022) sore. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Polres Majalengka berhasil mengamankan sejumlah barang bukti dari tangan pelaku yang diduga membawa bom, Selasa (24/5/2022).

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi didampingi Kasat Reskrim AKP Febri Simosir mengatakan, pihaknya berhasil mengamankan satu unit sepeda motor, tujuh buah tabung pipa, 10 gram semen, beling kaca, rangkaian elektronik dengan kabel isian tembaga dan kabel timer dari tangan pelaku.

Barang-barang bukti itu dirangkai sedemikian rupa oleh pelaku hingga mirip bom yang digunakan untuk menakut-nakuti orang yang melihat.

"Jadi barang-barang yang mirip bahan peledak itu disimpan di tubuhnya. Tujuannya, menakut-nakuti orang agar takut bahwa benar itu bom," ujar Edwin saat konferensi pers di Mapolres setempat, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Pria yang Ngaku Bawa Bom di Majalengka Ternyata Nekat Datangi Bank karena Terlilit Utang

Kata Edwin, cara pelaku merangkai sejumlah barang bukti untuk dijadikan mirip bom juga terlihat sangat rapi.

Sehingga, siapa pun warga yang melihat, meyakini jika itu memang bom.

"Di barang bukti itu juga terlihat timer yang diambil dari jam tangan, sehingga mirip sekali dengan bom yang bakal meledak," ucapnya.

Namun demikian, Kapolres memastikan, rakitan bom tersebut hanya mainan.

Tidak unsur bahan peledak di semua barang bukti tersebut.

"Kami pastikan untuk diketahui masyarakat, bahwa tidak ada unsur bahan peledak di rakitan yang dibawa pelaku ini. Sehingga aman," jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, kepolisian resor Majalengka kini menetapkan pria berinisial D (32) sebagai tersangka dalam peristiwa percobaan perampokan di salah satu bank di Kecamatan Leuwimunding pada Senin (23/5/2022) sore.

Baca juga: DETIK-detik Pria Asal Ujungberung Ancam Ledakkan Bom di Sebuah Bank di Majalengka, Ini Kata Warga

Pria yang berasal dari Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka itu sempat menakut-nakuti karyawan bank dan warga sekitar dengan mengancam akan meledakkan bom yang melekat ditubuhnya.

Pria tersebut pun sempat ditangkap dan diikat di sebuah mistar gawang di Alun-alun Leuwimunding.

Sebelum akhirnya, kepolisian resor Majalengka dibantu Tim Gegana Brimob Polda Jabar memastikan tidak ada bahan peledak dan menangkap yang bersangkutan untuk dibawa ke Mapolres Majalengka.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved