Blibli Masterclass Hadirkan Festival Edukasi Strategi Jitu Majukan UMKM dalam Bisnis Online

Blibli menjadi salah satu marketplace di Indonesia yang dinilai turut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan UMKM di Indonesia.

Istimewa
Marketplace Blibli. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Blibli menjadi salah satu marketplace di Indonesia yang dinilai turut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan UMKM di Indonesia.

Salah satu upaya terbaru dari Blibli ditunjukkan dengan Blibli Masterclass Festival 2022. Festival edukasi ini hadir membagikan berbagai strategi jitu dari para narasumber ternama dan kompeten di bidangnya untuk para pelaku UMKM bisa meningkatkan bisnis secara daring pada 18-19 Mei 2022.

Shirley Handoko, Vice President of Seller Activation & Engagement Blibli, mengatakan, Blibli Master Class Festival 2022 dihadiri oleh lebih dari 2.500 peserta yang terdiri dari mitra seller Blibli, dari UMKM sampai perusahaan, serta pelaku usaha secara umum.

Blibli juga telah melakukan pendampingan UMKM dari waktu ke waktu melalui program seperti The Big Start, Blibli Seller Coach, Free Webinar, hingga Kakak Asuh UMKM.

“Blibli melihat, tidak sedikit dari pelaku bisnis dan pemilik merek yang masih memiliki keterbatasan informasi dan keterampilan dalam mengembangkan bisnis secara online," kata Shirley dalam keterangannya, Selasa (24/5/2022).

Menurutnya, Blibli hadir menjawab tantangan tersebut melalui Blibli Masterclass Festival 2022 yang menghadirkan topik-topik terkini yang dibutuhkan seputar bisnis online sekaligus mengajak para pelaku UMKM untuk bersama-sama mengembangkan usahanya melalui platform Blibli.

“Kami harap, inisiatif ini dapat membantu sektor UMKM untuk makin berdaya dalam menjawab kebutuhan masyarakat sekaligus menumbuhkan perekonomian negara, termasuk dari ekonomi digital,” ujar Shirley. 

Ia menambahkan, di samping itu Blibli juga konsisten bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menjalankan inisiatif kolaboratif yang mampu memberdayakan lebih banyak UMKM.

Hal itu salah satunya dilakukan dengan bersinergi bersama BCA dalam kegiatan Desa Binaan Bakti BCA Goes Digital. Di sini, BCA bersama Blibli melakukan pengembangan dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM dari 12 desa binaan.

Kolaborasi lainnya yang telah dilakukan Blibli di antaranya kerja sama dengan Kemenkop UKM RI dalam menjalankan KUKM Hub, sinergi bersama berbagai pemda untuk menjalankan festival belanja khusus untuk UMKM, hingga kolaborasi bersama startup Mapan dalam menjalankan program MAJU Produk Indonesia.

Selain konsisten melakukan pendampingan dan menjalankan upaya kolaboratif, Blibli juga terus mengembangkan fitur, layanan, dan solusi inovatif untuk menumbuhkan UMKM. Saat ini, Blibli memiliki fitur dan layanan seperti Digital Voucher, Digital Ads, Flash Sale, hingga Broadcast Chat yang dapat dimaksimalkan UMKM untuk menumbuhkan usahanya. 

“Blibli juga memudahkan UMKM dalam memenuhi pesanan melalui Fulfillment by Blibli, mendorong transformasi digital UMKM dan memudahkan pelanggan dalam memperoleh produk terlengkap baik secara online maupun offline lewat kolaborasi dengan Galeri Indonesia, serta menyelenggarakan berbagai festival belanja khusus untuk mitra UMKM dalam memasarkan produknya,” katanya. (*)

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved