Pemkab Bandung Barat Raih Opini WTP dari BPK, Jadi Kado Terindah untuk HUT KBB

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendapat penghargaan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Giri
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan (ketiga dari kiri), saat menerima penghargaan opini WTP dari BPK Perwakilan Jawa Barat. (Dok. Humas KBB) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendapat penghargaan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada tahun 2022 ini.

Penghargaan terkait laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) itu diterima langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, di Kantor BPK Perwakilan Jawa Barat, Senin (23/5/2022).

"Alhamdulillah hari ini kami menerima opini tertinggi, WTP, dari BPK RI," ujar Hengky seusai menerima penghargaan WTP di Kantor BPK Jawa Barat.

Hengky mengatakan, WTP terkait pengelolaan anggaran di Pemkab Bandung Barat ini telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material. 

"Ini jadi kado terindah (HUT KBB) untuk kami dan masyarakat KBB. Kami berkomitmen akan terus berbenah dan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada kami," katanya.

Atas didapatkannya penghargaan WTP ini, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua ASN Bandung Barat atas kerja samanya, terutama yang sudah terlibat dalam pengelolaan keuangan.

"Terima kasih DPRD KBB, terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang selalu mengingatkan dan melakukan pengawasan. Insyaallah Bandung Barat bisa lebih baik lagi. Amiin," ucap Hengky.

Terkait pemeriksaan laporan keuangan Pemkab Bandung Barat ini, pihaknya membuka seluas-luasnya kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk tidak berburuk sangka. 

Menurutnya, tidak ada alasan bagi pihaknya untuk menutupi sesuatu, baik kepada pemeriksa BPK maupun pemeriksaan internal, bahkan dari media.

Atas hal tersebut, pihaknya memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan pertanyaan-pertanyaan kepada semua pimpinan OPD, untuk mewujudkan harapan-harapan dalam menjalankan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

"Apa yang menjadi catatan khusus yang akan kita rekomendasikan, insyaallah dalam waktu dekat semuanya akan kita selesaikan. Dan ini tetap terus kita pertahankan, karena opini WTP ini juga untuk masyarakat Kabupaten Bandung Barat," ujar Hengky. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved