Laporan Keuangan Baznas Kota Bandung Diaudit Kantor Akuntan Publik, Hasilnya WTP

Laporan keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung meraih opini wajar tanpa pengecualian atau WTP.

Tribun Jabar / Muhammad Nandri
Penyerahan laporan keuangan BAZNAS Kota Bandung dari kantor akuntan publik. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Laporan keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung meraih opini wajar tanpa pengecualian atau WTP.

Proses audit laporan keuangan Baznas Kota Bandung dilakukan oleh kantor akuntan publik AR Utomo pada 14 Maret sampai 8 April 2022.

Wakil Ketua III Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Baznas Kota Bandung, Dudit Setiadi menyampaikan tujuan dari audit keuangan ini sebagai bentuk tanggung jawab pengelolaan dana publik serta transparansi dan akuntabilitas seperti dalam UU 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

Baca juga: Ekonomi Indonesia Mulai Bangkit, PLN Catat Kenaikan Penjualan Listrik

"Sama seperti lembaga lain pada umumnya, audit atas laporan keuangan dimaksud untuk mengetahui pendapat tentang kewajaran, dalam semua hal yang material, seperti laporan posisi keuangan, laporan perubahan dana, dan arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi dalam hal ini PSAK 109," katanya, Sabtu (21/5/2022).

Dudit menambahkan, tujuan eksternal dari audit laporan keuangan adalah untuk menunjukkan pengelolaan dana zakat yang dilakukan Baznas Kota Bandung sesuai dengan peraturan yang ada.

"Adapun secara ekternal, kami ingin menujukkan bahwa pengelolaan dana zakat yang dilakukan Baznas Kota Bandung sesuai dengan peraturan yang sudah ada” ujarnya.

Penyerahan hasil laporan audit keuangan Baznas Kota Bandung 2021 dilakukan di kantor Baznas Kota Bandung oleh pihak auditor kepada Ketua Baznas Kota Bandung, Akhmad Roziqin pada Kamis (19/5/2022).

Penyerahan ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua III Baznas Kota Bandung, Dudit Setiadi, dan Wakil Ketua IV Baznas Kota Bandung, Arif Ramdani.

Selain itu, Baznas Kota Bandung juga mendapatkan opini wajar selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2019 hingga tahun 2021. Pihak auditor pun menyampaikan selamat atas hasil audit keuangan Baznas Kota Bandung yang mendapatkan opini wajar dalam semua hal atau wajar tanpa pengecualian.

"Kami dari Kantor Akuntan Publik (AKP) AR Utomo, bisa menyerahkan laporan hasil audit laporan keuangan Baznas Kota Bandung tahun 2021 dengan opini wajar dalam semua hal, atau wajar tanpa pengecualian, mudah-mudahan dengan hasil audit yang maksimal ini menambah keberkahan baik buat muzaki, amilin dan seluruh penerima manfaat Baznas Kota Bandung," katanya.

Ketua Baznas Kota Bandung, Akhmad Roziqin mengungkapkan rasa syukurnya dan terimakasih atas raihan Baznas Kota Bandung yang mendapatkan opini wajar.

"Alhamdulillah, kami telah diaudit keuangan tahun 2021, dan pada 20 April 2022, kami telah mendapatkan hasil opini wajar tanpa pengecualian, tentu opini ini sangat penting untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan publik kepada Baznas Kota Bandung," katanya.

Pihaknya berterima kasih kepada tim audit yang telah melakukan kegiatan audit secara objektif.

"Kami juga ucapkan terimakasih kepada seluruh amilin yang telah bekerja keras membangun integritas sehingga kami mendapat hasil yang terbaik, kemudian kepada stakeholder dan para muzaki yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mengelola dana zakat, infak dan sedekah," ujarnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved