Dukung Penuh Gelaran World Surf League, PLN Siap Jaga Keandalan Listrik

PLN akan menyiapkan suplai listrik guna mendukung ajang World Surf League 2022, di Pantai Plengkung, Banyuwangi

dok. PLN
PLN akan menyiapkan suplai listrik guna mendukung ajang World Surf League 2022, di Pantai Plengkung, Banyuwangi. 

PLN akan menyiapkan suplai listrik guna mendukung ajang World Surf League 2022, di Pantai Plengkung, Banyuwangi

TRIBUNJABAR.ID, BANYUWANGI - PT PLN (Persero) mendukung penuh Liga Selancar paling bergengsi dunia yaitu World Surf League (WSL) Championship Tour 2022, di Banyuwangi. Dukungan PLN diwujudkan melalui suplai listrik sebesar 750 KVA.

Ajang selancar paling bergengsi yang menarik perhatian jagad media sosial dengan peringkat interactions ke-3 di dunia ini rencananya akan dihelat pada 28 Mei – 06 Juni 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) ,Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Lasiran menjelaskan, suplai listrik tersebut rencananya akan disebar di beberapa titik seperti penginapan, broadcast center, tribun helipad, judge tower lepas pantai, VIP tower, medical center serta lokasi strategis lainnya.

“PLN berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, agar event berskala internasional tersebut dapat berjalan aman dan lancar. PLN pun telah berpengalaman dalam menghadirkan listrik yang andal dan berkualitas pada berbagai event, baik dengan skala nasional maupun internasional,” katanya.

Lasiran menambahkan agenda ini menjadi suatu kebanggaan yang luar biasa tidak hanya untuk Banyuwangi maupun Indonesia. Untuk itu, persiapan dilakukan sejak jauh hari dengan melakukan pembangunan infrastruktur kelistrikan untuk rangkaian acara World Surf League 2022.

Pembangunan infrakstruktur kelistrikan sudah mulai dilakukan PLN sejak akhir April 2022, terpantau di lapangan pembangunan tiang dan penarikan jaringan tegangan rendah (JTR), hingga uprating trafo distribusi telah selesai dibangun.

Lasiran menjelaskan progress pekerjaan yang telah dilakukan PLN yakni uprating trafo dari 200 KVA menjadi 250 KVA, penanaman tiang untuk suplai judge tower lepas pantai, penarikan kabel JTR untuk menyuplai VIP Tower & Medical Center sudah terpasang dan penarikan JTR suplai judge tower lepas pantai.

"Kebutuhan listrik untuk World Surf League 2022 ini cukup besar. Kami sudah mempersiapkan suplai listrik yang andal untuk event tersebut," papar Lasiran.

Adapun dari 9 titik lokasi yang akan dijadikan lokasi utama perhelatan acara, sistem kelistrikannya nanti akan disuplai oleh PLN dan mensiagakan 3 unit uninterruptible power supply (UPS) total kapasitas 380 KVA, serta 4 unit genset total kapasitas 760 KVA.

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik, PLN telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait untuk mempersiapkan infrastruktur kelistrikan. Lasiran pun berharap kerja sama ini dapat terus ditingkatkan, agar seluruh proses dapat berjalan aman dan lancar.

Kepala Balai TN Alas Purwo, Nuryadi mengatakan akan terus komunikasi dengan PLN untuk kelistrikan dan juga penyedia jaringan internet.

"Karena nanti akan ada live streaming pelaksanaan lomba dari judge tower yang ada di laut. Masyarakat bisa menyaksikan langsung acara tersebut. Kalau yang di lokasi kami sediakan giant screen. Semoga semuanya berjalan lancar, pasokan listrik dan internet andal," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved