Presiden Bolehkan Tak Pakai Masker di Luar Ruangan, Pelaku Wisata Sukabumi: Mudah-mudahan Gak Hoaks

Kabar itu merupakan kabar baik bagi pelaku usaha wisata, terutama banginya yang bergerak di bidang jasa penginapan atau hotel.

Tribun Jabar/ M Rizal Jalaludin
Kawasan wisata di Kabupaten Sukabumi 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Pemerintah terus melonggarkan protokol kesehatan seiring dengan terus membaiknya kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperbolehkan masyarakat untuk tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," kata Jokowi dalam pernyataan persnya, Selasa, (17/5/2022).

Baca juga: Soal Pelonggaran Pakai Masker, Bupati Sebut Segera Susun Aturan Detail di Sumedang: Covid Masih Ada

Menanggapi keputusan tersebut, pelaku jasa wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berharap berita tersebut bukan hoaks.

Salah satunya Manajer Augusta hotel Palabuhanratu, Hedi Firmansyah. Menurutnya, kabar itu merupakan kabar baik bagi pelaku usaha wisata, terutama banginya yang bergerak di bidang jasa penginapan atau hotel. Ia pun berharap berita tersebut bukan hoaks.

"Mudah-mudahan ini tidak hoaks, sehingga kami itu yakin betul memang Indonesia sudah terbebas dari Covid-19, dan kita harus segera bergerak mempersiapkan diri untuk melengkapi kebutuhan linen dan amenitiesnya, perbaikan fasilitas-fasilitas yang ada yang sebelumnya mungkin kurang lengkap dan lain sebagainya," katanya, Kamis (19/5/2022).

Ia mengatakan, kebijakan ini akan menjasi modal besar bagi pelaku wisata karena kunjungan wisata akan kembali meningkat yang berdampak pada income hotel.

"Buat kami sendiri usaha jasa pariwisata yang bergerak di dunia hotel segera melengkapi diri, sehingga kebutuhan hal lain-lainnya bisa segera disiapkan, untuk menyambut kaitan berita itu tadi," ujarnya.

Sementara itu, Manajer Grand Desa Resort, Suwandi mengatakan, pihaknya sangat mendukung kebijakan Presiden Jokowi tersebut.

Baca juga: Soal Lepas Masker, Pemkot Bandung Tunggu Inmendagri: Pandemi Covid-19 Belum Selesai

"Tapi kalau pakai masker sudah jadi kebiasaan sah-sah saja, misal kalau sakit flu batuk itu pasti memakai masker. Mungkin akibat dua tahun ke belakang ya, mungkin kalau lihat yang pakai masker sudah biasa dan menjadi kebiasaan. Berarti saat Covid-19 menjadi penyakit yang biasa pada umumnya. Kalau orang pakai masker cuci tangan sudah jadi kebiasaan hidup bersih dan sehat," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved