Ridwan Kamil Ajak 8 Juta Anggota Pramuka se-Jabar Posting Kegiatan di Medsos Setiap Tanggal 14

Ridwan Kamil mengajak semua anggota pramuka untuk mengunggah kegiatan positif kepramukaan di akun media sosial masing-masing setiap tanggal 14.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Giri
Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Ridwan Kamil (jongkok kanan), mengajak semua anggota pramuka untuk mengunggah kegiatan positif kepramukaan di akun media sosial masing-masing setiap tanggal 14, secara serentak. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengajak semua anggota pramuka untuk mengunggah kegiatan positif kepramukaan di akun media sosial masing-masing setiap tanggal 14, secara serentak.

Kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, hal itu bertujuan agar masyarakat mengetahui dan mengapresiasi kegiatan pramuka yang penuh kebermanfaatan.

"Saya ingin viral positif. Jadi, setiap tanggal 14, seluruh anggota pramuka upload bareng kegiatan lewat video satu menitan," ucapnya saat memberi arahan pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwarda Jabar Tahun 2022 di Kantor Sekretariat Bumi Kitri, Bandung, Selasa (17/5/2022).

Dia menuturkan, dengan mem-posting banyak kegiatan, citra positif pramuka diharapkan meningkat di mata masyarakat. Apalagi saat ini, jumlah anggota pramuka se-Jabar tercatat ada delapan juta orang.

"Harus jadi trending topic setiap tanggal 14 agar citra positif naik. Masak enggak bisa, kita kan punya delapan juta anggota, minimal 10 persennya," ucap dia.

Seperti diketahui, 14 Agustus ditetapkan sebagai Hari Pramuka.

Pemerintah Provinsi Jabar telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 15 Tahun 2021 yang mewajibkan ASN mengenakan atribut pramuka pada tanggal 14 setiap bulan.

"Setiap tanggal 14, bukan hanya momen pakai kacu saja, tapi tanggal dipenuhinya ruang media sosial oleh kegiatan pramuka," kata dia.

"Publik itu akan mengapresiasi kegiatan yang humanis bukan seremonial, apalagi diunggahnya di waktu yang tepat," ucapnya.

Ketua Kwarda Pramuka Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil, menyambut baik arahan Ketua Mabida tersebut. Ia mengatakan, Kwarda Jabar memiliki banyak aktivitas rutin yang manfaatnya dirasakan langsung masyarakat.

"Anggota terus kami dorong mendekatkan diri kepada solusi permasalahan, kami punya delapan juta anggota dengan kegiatan beragam yang memberi manfaat buat masyarakat," ucap Atalia.

Adapun Rakerda Kwarda Jabar yang digelar secara luring ini menetapkan rencana program tahun 2023, sosialisasi program 2022, dan laporan program 2021. 

Di sela rakerda juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Kwarda Jabar dengan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung terkait program magang ke Jepang untuk anggota pramuka Jabar. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved