Kemenkes Ungkap Fakta Hepatitis Akut, Ternyata Pasien Tidak Pernah Miliki Riwayat Covid-19

Sebanyak 14 pasien yang diduga terpapar penyakit hepatitis akut ternyata tidak memiliki riwayat Covid-19.

Editor: Giri
via Metro UK
ilustrasi - Sebanyak 14 pasien yang diduga terpapar penyakit hepatitis akut ternyata tidak memiliki riwayat Covid-19. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Sebanyak 14 pasien yang diduga terpapar penyakit hepatitis akut ternyata tidak memiliki riwayat Covid-19.

Sebelumnya, muncul berbagai spekulasi mengenai hepatitis akut itu.

Ada yang menganalis bagian dari long Covid. 

"Empat belas (pasien) ini tidak ada riwayat Covid-19, semuanya negatif," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril, dalam konferensi pers di Gedung Adhiyatma Kemenkes RI, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022).

Syahril menjelaskan, 14 kasus dugaan kasus hepatitis akut ini terdeteksi di lima provinsi, yakni Sumatera Utara 1 kasus (pending klasifikasi), Sumatera Barat 1 kasus (pending klasifikasi), Jambi 1 kasus (pending klasifikasi), DKI Jakarta 1 kasus (probable), 7 kasus (pending klasifikasi), Jawa Timur 3 (pending klasifikasi).

Dia mengatakan, terdapat perubahan jumlah kasus dugaan hepatitis akut yakni jumlah kasus probable awalnya dua kasus menjadi satu.

Syahril mengatakan, perubahan tersebut terjadi setelah dilakukan pemeriksaan epidemiologi.

"Dua kasus probable itu menjadi satu, kemudian perubahan satu untuk pending klasifikasi karena juga discarded karena hepatitis A positif," ujarnya.

Syahril mengatakan, dari segi usia, kelompok umur di bawah lima tahun paling banyak terjangkit dugaan hepatitis akut, yaitu sebanyak tujuh orang.

Kemudian, usia 6-10 tahun sebanyak dua orang, dan usia 11-16 tahun sebanyak lima orang.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dari total 14 kasus diduga hepatitis akut tersebut, sebanyak enam orang dinyatakan meninggal dan emapt orang dinyatakan sembuh.

"Nah, saat ini 14 ini, yang meninggal itu ada enam, ada usia dua bulan, delapan bulan, sembilan bulan, satu tahun, delapan tahun, dan 14 bulan. Yang masih dirawat itu ada empat, dipulangkan/sembuh empat," ucap dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved