Berawal dari Celetukan Ibunya, Dewi Laila Suka Menembak Hingga Meraih Medali Emas Sea Games Vietnam

H Ilyas, menilai celetukan tersebut rupanya menjadi doa sehingga putri sulungnya menekuni dunia menembak hingga menyabet medail emas SEA Games 2022

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Darajat Arianto
Instagram@dewilaila_m
Dewi Laila Mubarokah, peraih medali emas SEA Games 2022 dari nomor 10 M Air Riffle Putri saat berlatih menembak. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi


TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Siapa sangka kegemaran Dewi Laila Mubarokah (23) dalam olahraga menembak berawal dari celetukan ibundanya, Hj Anak Agung Ayu Mirah.


Ayah Dewi, H Ilyas, menilai celetukan tersebut rupanya menjadi doa sehingga putri sulungnya menekuni dunia menembak hingga menyabet medail emas SEA Games 2022 Vietnam.


Pria yang kini menjabat Kasi Dokkes Polresta Cirebon itu bercerita, saat masih berusia tiga bulan Dewi sempat tak sengaja tertembak pistol mainan anak komandan kompinya ketika masih bertugas di Brimob Makassar.


Kala itu, Dewi yang lahir di Makassar pada 25 Februari 1999 tersebut menangis tak henti-hentinya, karena peluru pistol mainan mengenai pahanya.


"Ibunya juga ikut menangis, dan secara spontan bilang Dewi harus jadi petembak, saya langsung mengamini," kata H Ilyas saat ditemui di Mapolresta Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (18/5/2022).


Rupanya, kata-kata itu kini menjadi kenyataan. Dewi pun mempunyai segudang prestasi dari olahraga menembak yang ditekuninya sejak duduk di bangku SMP.


H Ilyas mengatakan, tak pernah menuntut anaknya untuk menjadi atlet. N

amun, sebagai orang tua ia selalu mendukung penuh keputusan anaknya di bidang yang diminatinya.


Termasuk keputusan Dewi terjun di dunia modeling di Jakarta dan menjadi atlet renang sebelum menekuni olahraga menembak yang mengantarkannya bergabung di TNI AD pada 2017.


"Saat Dewi memilih menjadi atlet menembak juga saya dukung, meski sempat dibayang-bayangi peralatannya cukup mahal," ujar H Ilyas.

Baca juga: Cerita Orang Tua Dewi Laila Mubarokah yang Raih Emas di Sea Games 2022, Tiap Hari Selalu Kirim Doa


Ia juga mengaku dibuat terkejut saat Dewi pertama kali mencoba olahraga menembak sewaktu duduk di kelas 8 SMPN 1 Plumbon dan langsung mendapatkan nilai sempurna 10.


Hal itu pun yang membuatnya semakin yakin untuk mengarahkan bakat anaknya di cabang olahraga menembak hingga mengikuti berbagai kejuaraan di Kuwait, Mesir, Turki, dan lainnya.


"Awalnya hanya coba-coba, suka menempak menggunakan senapan angin, kemudian minta diajari dan ingin menjadi atlet menembak," kata H Ilyas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved