Polres Minta Keterangan Saksi Ahli dari 3 Dispilin Ilmu Soal Banjir Bandang Citengah Sumedang

Ketiganya berasal dari ahli hidrometereologi, saksi ahli soal sungai dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dan saksi ahli dari bidang arsitektur.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
Foto udara area vila di Desa Citengah, Sumedang Selatan yang telah digaris polisi. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Polres Sumedang memeriksa semua hal yang diduga berkaitan dengan penyebab banjir bandang Citengah, Kabupaten Sumedang.

Dalam pemeriksaan itu, Polres meminta keterangan dari saksi-saksi ahli. Para ahli itu berasal dari beragam disiplin ilmu.

"Semua hal terkait penyebab peristiwa ini harus disampaikan ahli yang tidak hanya dari satu disiplin ilmu," kata Kapolres di Ciherang, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Kasus Banjir Bandang Citengah, DPRD Sumedang Dorong Polisi Usut Cepat agar Tak Berlarut-larut

Tiga saksi ahli sudah diminta Polres Sumedang untuk menelaah musabab banjir bandang yang terjadi pada Rabu (4/5/2022) itu.

Ketiganya berasal dari ahli hidrometereologi, saksi ahli soal sungai dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dan saksi ahli dari bidang arsitektur.

"Apakah layak untuk ada kontruksi menjorok ke sungai? Saya tidak berkomentar soal ini karena yang harusnya berkomentar adalah ahli," kata Kapolres.

Dia mengatakan, hasil pengumpulan fakta dari para ahli ini akan menyegerakan keputusan untuk gelar perkara. Setelah gelar perkara, baru ada peningkatan status penyelidikan ke penyidikan.

Kapolres mengatakan semua hal yang terkait dengan banjir bandang ini diperiksa, termasuk juga sebuah kolam buatan yang berdiri di sekitar Margawindu, yang merupakan kawasan hulu Citengah.

Baca juga: Soal Izin Kilat Vila di Citengah, DPRD Sumedang: Bukti Pemkab Tidak Teliti dan Tidak Cermat

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved