Nelayan yang Hilang di Laut Palabuhanratu Sukabumi Akhirnya Ditemukan, Terapung dan Meninggal Dunia

Korban tenggelam saat mencari ikan dengan menggunakan kapal congkreng. Saat itu, saksi tiba-tiba melihat korban tidak ada di kapal

Istimewa/ Dok Basarnas Sukabumi
Tim SAR gabungan berhasil menemukan nelayan hilang setelah terjatuh dari Kapal Congkreng KM Rama 06 di laut pantai Istana Presiden, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Tim SAR gabungan berhasil menemukan nelayan hilang setelah terjatuh dari Kapal Congkreng KM Rama 06 di laut Pantai Istana Presiden, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Nelayan bernama Darma (62) itu ditemukan tim SAR dalam keadaan meninggal dunia pada radius 2 NM dari lokasi kejadian sekitar pukul 11.00 WIB, Kamis (12/5/2022).

Saat ditemukan, korban dalam keadaan terapung tak bernyawa di tengah laut area dermaga 2 Palabuhanratu.

Baca juga: Diduga Tenggelam, Nelayan Palabuhanratu Sukabumi Hilang di Tengah Laut

"Korban kami temukan dalam keadaan terapung pada siang ini di sekitar Perairan Dermaga 2 Palabuhan Ratu kemudian dievakuasi menuju RSUD Palabuhan Ratu untuk proses selanjutnya," kata Hendra Sudirman, Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR.

Diberitakan sebelumnya, Korban tenggelam saat mencari ikan dengan menggunakan kapal congkreng. Saat itu, saksi yang merupakan rekan korban tiba-tiba melihat korban tidak ada di kapal, korban diduga jatuh dan tenggelam.

Pencarian dilakukan tim SAR dengan membagi dua area pencarian, yakni pencarian darat dan pencarian dengan penyisiran di laut.

"Tim pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran pada area luat dengan luas area pencarian sekitar 2 NM2 di sekitar lokasi kejadian, kemudian tim kedua akan melakukan pencarian dengan penyisiran melalui jalur darat dengan pengamatan secara visual di sepanjang bibir pantai hingga radius 4 KM dari lokasi kejadian," kata Hendra Sudirman.

Diketahui, tim SAR gabungan yang terlibat pencarian korban yakni Pos SAR Sukabumi, Polair Polres Sukabumi, TNI AL Palabuhanratu, IEA Sukabumi, Rotasi, Pramuka Peduli Kab.Sukabumi, MRI ACT Sukabumi, HNSI Sukabumi, Masyarakat, dan keluarga korban.*

Baca juga: Nelayan di Cianjur Bikin Geger, Lompat dari Perahu di Tengah Laut, Sempat Minta Tolong Sebelum Tewas

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved