Tips Agar Nasabah Aman dari Pembobolan Rekening, Bank Harus Berperan Aktif

Ini tips agar rekening aman dari upaya pembobolan dan pencurian. Bank harus aktif.

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: taufik ismail
Pixabay.com
Ilustrasi pembobolan rekening. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Seorang karyawan swasta di Bandung jadi korban kejahatan.

Rekeningna dibobol dan ia pun mengalami kerugian ratusan juta.

Ada tiga aktor yang harus memainkan peranan penting, untuk meminimalisisasi terjadinya pembobolan ATM dengan berbagai modus.

Hal itu diungkapkan Aknolt Kristian Pakpahan, pakar keuangan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (10/5/2022).

"Pertama, tentu pihak bank yang harus melakukan edukasi baik kepada para nasabah. Edukasi yang baik artinya, bank perlu melakukan semacam updating informasi terbaru," ujar Aknolt.

Pihak bank, kata dia, harus rutin memberikan informasi berupa nomor resmi call centrenya kepada seluruh nasabah, baik melalui email, SMS atau ketika nasabah datang ke bank selalu diingatkan.

"Ini penting, bank harus memainkan peranan aktif," katanya.

Kedua, kata Aknolt, nasabahnya sendiri perlu melakukan pembaruan informasi terjadi modus penipuan atau pencurian yang terjadi saat ini.

"Jadi, nasabah atau masyarakat perlu waspada, apalagi di era sekarang. Bentuk penipuan itu dilakukan dengan berbagai macam. Jadi, nasabah mesti mengetahui transaksi bank yang aman seperti apa. Tidak mungkin call centre bank lain itu meminta rekening bank lain juga untuk diblokir, itu, kan, harusnya di luar nalar," ucapnya.

Ketiga, yang perlu memainkan peranannya itu aparat penegak hukum atau lembaga pemerintah terkait.

"Dalam hal ini mungkin perlu melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menertibkan nomor-nomor yang dianggap bermasalah," katanya. (nazmi abdurahman)

Baca juga: Waspada! Uang Ratusan Juta di Rekening Bisa Lenyap, Warga Bandung Jadi Korban, Ini Modusnya

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved