Wawancara Eksklusif

Siap Mundur Jika Bohong, Wabup Sumedang Soal Adanya Orang Kuat di Balik Alih Fungsi Lahan Citengah

Pernyataan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, tentang adanya "orang kuat" di balik alih fungsi lahan ilegal yang diduga menjadi pemicu banjir,

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, saat diwawancarai TribunJabar.id di ruang kerjanya, Kamis (10/2/2022). 

BANJIR bandang di lokasi wisata Citengah, di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Rabu (4/5) menyisakan berbagai cerita. Pernyataan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, tentang adanya "orang kuat" di balik alih fungsi lahan ilegal yang diduga menjadi pemicu banjir, terus menjadi perbincangan.

Siapa sebenarnya yang dimaksud 'orang kuat' itu? Berikut petikan wawancara eksklusif jurnalis Tribun Jabar, Kiki Andriana dengan Wabup Sumedang, Erwan Setiawan, Selasa (10/5).

 

 

Banjir bandang di kawasan wisata Citengah, pekan lalu, bukan kali pertama. Bagaimana Bapak melihat ini?

Saya tidak heran banjir kembali terjadi di Citengah. Saya sudah peringatkan itu bakalan terjadi, karena di hulu sudah dirusak. Banyak bangunan liar, vila-vila di sekitar Cisoka-Margawindu. Di sana itu tadinya adalah pepohonan dan kebun teh sebagai daerah resapan. Akhirnya terjadi juga banjir bandang yang kedua kalinya.

 

Bapak sempat menyebut soal adanya orang kuat yang membuat penertiban bangunan liar di sana sulit dilakukan. Siapa sebenarnya yang Anda maksud?

Saya pernah pimpin rapat, tepatnya pada 19 Oktober 2020. Saya buat surat edaran agar pemilik bangunan-bangunan itu membongkar sendiri bangunan itu, atau kami yang bongkar. Surat itu diedarkan lewat Satpol PP, tapi ternyata ada 'orang kuat' yang mencegah surat itu beredar.

 

Siapa orang kuat itu?

[Wabup tersenyum].

 

Lahan di lokasi wisata Citengah kan kan bukan tanah Pemkab Sumedang, apa landasan hukum Pak Wabup berani bongkar?

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved