Selama Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Kota Cirebon Meningkat, Puncaknya pada 5 Mei Lalu

Okupansi tertinggi hotel bintang satu hingga bintang empat di Kota Cirebon terjadi pada 5 Mei 2022 yang mencapai 84,97 persen.

tribunkaltim/net
Ilustrasi mudik lebaran 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Okupansi atau tingkat hunian hotel di Kota Cirebon tampaknya meningkat selama masa libur Lebaran dari 1-8 Mei 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, mengatakan, selama periode tersebut rata-rata okupansi hotel setiap harinya mencapai 72,14 persen.

Menurut dia, jumlah tersebut meningkat cukup signifikan dibandingkan hari biasanya, khususnya selama pandemi Covid-19 melanda.

Baca juga: Masih Ada Sisa Libur Sekolah, Ayo Liburan Lagi Lihat Dinosaurus di Bandung

"Peak session okupansi hotel di Kota Cirebon terjadi pada 3 - 5 Mei 2022," ujar Agus Sukmanjaya saat ditemui di Disbudpar Kota Cirebon, Jalan Brigjend Dharsono, Kota Cirebon, Rabu (11/5/2022).

Ia mengatakan, jajarannya memonitor 60 hotel di Kota Cirebon untuk mengecek tingkat hunian kamarnya selama libur Hari Raya Idulfitri 1443 H.

Hasilnya, okupansi tertinggi hotel bintang satu hingga bintang empat di Kota Cirebon terjadi pada 5 Mei 2022 yang mencapai 84,97 persen.

Jumlah tersebut hanya selisih 0,22 persen dibanding okupansi pada 4 Mei 2022 yang mencapai 84,75 persen.

Sementara okupansi pada 3 Mei 2022 tercatat mencapai 81,72 persen. Pada 6 Mei 2022 okupansi hotel masih cukup tinggi mencapai 80,95 persen.

Pihaknya memastikan, rekapitulasi tingkat hunian hotel se-Kota Cirebon tersebut bakal dilaporkan ke Pemprov Jabar dan pemerintah pusat.

Baca juga: Saat Liburan Berakhir Duka, Ini Detik-detik Gadis 13 Tahun Hanyut di Sumedang Versi Keluarga

Agus berharap, meningkatnya okupansi hotel menjadi angin segar bagi dunia pariwisata yang menjadi salah satu sektor unggulan Kota Cirebon.

"Ini juga jadi PR besar agar tingginya okupansi hotel tidak hanya di saat libur hari besar nasional, tapi di hari-hari biasa juga," kata Agus Sukmanjaya.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved