Berbagi Kebahagian Hari Raya Idul Fitri, Puan Bongkar Resep Rendang Ayam Warisan Keluarga Soekarno

Tak banyak yang tahu bahwa rendang ayam buatan Megawati itu berasal dari resep warisan kakek Puan Maharani, yaitu Soekarno.

Penulis: DNA | Editor: MGWR
DOK. Istimewa
Puan Maharani mengikuti acara Lebaran bersama keluarga besar dan kolega. 

TRIBUNJABAR.com - Hari Raya Idul Fitri atau Hari Lebaran selalu identik dengan makanan enak.

Setiap keluarga biasanya punya menu makanan khusus yang hanya dimasak saat Lebaran tiba. Tak terkecuali bagi keluarga besar Presiden kelima Republik Indonesia (RI), Megawati Soekarnoputri ketika menyambut Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah (H).

Putri dari pasangan Megawati dan Taufiq Kiemas, Puan Maharani mengungkapkan bahwa sang ibu selalu memasak rendang ayam setiap tahun sebagai hidangan spesial untuk Lebaran.

"Ibu saya itu pintar masak rendang, rendang ayam. Dan itu tradisi bagi keluarga kami," kata Puan dalam siaran pers resminya, Rabu (4/5/2022)

Sebagai salah satu masakan spesial Lebaran, rendang ayam buatan Megawati itu pun selalu dinanti oleh anak-anak dan cucunya.

"Kalau makan ini cuma ada di rumah neneknya (Megawati) dan itu hanya satu tahun sekali," ucap perempuan pertama yang menjadi Ketua Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI itu.

Meski ketagihan dengan rasa masakan sang ibu, Puan tak hanya ingin menikmati makanan itu sendiri.

Ia pun berinisiatif membagikan resep rendang ayam buatan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati itu di akun instagram pribadinya, @puanmaharaniri.

"Wah, ternyata banyak yang menanyakan resep rendang ayam bikinan ibu saya. Bagi yang penasaran, saya bisikin ya," tulis Puan.

Tak banyak yang tahu bahwa rendang ayam buatan Megawati itu berasal dari resep warisan kakek Puan, yaitu Soekarno.

Resep rendang ayam tersebut juga sudah ditulis di dalam buku "Mustika Rasa, Resep Masakan Indonesia Warisan Soekarno".

Jika Anda tertarik memasak hidangan khas dari resep keluarga Soekarno, berikut bahan – bahan dan cara membuat rendang ayam ala Megawati.

Bahan – bahan:

- 1 kilogram (kg) daging ayam bistik (lulur dalam)

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved