Sempat Menipis di Awal Ramadan, PMI Kabupaten Cirebon Pastikan Stok Darah Selama Lebaran Aman

Stok darah sempat menipis pada momen menjelang Ramadan. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan berbagai elemen untuk menambah persediaan darah.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon dipastikan aman pada momen Lebaran 2022.

Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana, mengatakan, persediaan darah saat ini sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama Lebaran.

Karenanya, menurut dia, masyarakat yang membutuhkan darah bisa mendatangi langsung Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Cirebon, Jalan Otto Iskandar Dinata, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon.

Baca juga: Kamu Sudah Usia 30-40 Tahun, Harus Biasakan Tes Gula Darah Untuk Cegah Diabetes

"Insyaallah, kami yakin stok darah PMI Kabupaten Cirebon saat ini aman untuk Lebaran," kata Sri Heviyana saat ditemui di PMI Kabupaten Cirebon, Jalan Otto Iskandar Dinata, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Minggu (1/5/2022).

Ia mengakui stok darah sempat menipis pada momen menjelang Ramadan. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan berbagai elemen untuk menambah persediaan darah.

Hingga akhirnya stok darah semakin bertambah dan saat ini jumlahnya dipastikan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Lebaran.

Selain itu, layanan UTD PMI Kabupaten Cirebon juga tetap beroperasi normal seperti biasanya pada momentum Hari Raya Idulfitri kali ini.

"Operasional unit transfusi darah tetap buka seperti biasanya, karena kami menyiagakan petugas di masa arus mudik 2022 hingga Lebaran," ujar Sri Heviyana.

Bahkan, petugas PMI Kabupaten Cirebon juga disiagakan di sejumlah posko kesehatan selama masa Operasi Ketupat Lodaya 2022.

Baca juga: Mengenal Terapi Sel T Car dan Cara Kerjanya untuk Pengobatan Kanker Darah

Heviyana menyampaikan, penempatan petugas di posko kesehatan arus mudik 2022 menjadi komitmen PMI dalam mengawal operasi kemanusiaan itu.

"Ada 30-an petugas yang disiagakan di sejumlah posko kesehatan arus mudik 2022 di wilayah Kabupaten Cirebon," kata Sri Heviyana.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved