Mudik Lebaran 2022

Puncak Arus Mudik di Kota Cirebon Diperkirakan Terjadi Hari Ini, Ini yang akan Dilakukan Polisi

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, memprediksi puncak arus mudik di Kota Cirebon terjadi pada hari ini, Sabtu (30/4/2022).

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Forkompimda Kota Cirebon saat monitoring arus mudik di Pospam Harjamukti, Kota Cirebon, Sabtu (30/4/2022) dini hari. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, memprediksi puncak arus mudik di Kota Cirebon terjadi pada hari ini, Sabtu (30/4/2022).

Sebab, berdasarkan informasi yang diterimanya, hingga kini masih terdapat ratusan ribu kendaraan yang akan melintas dari arah Cikampek.

Menurut dia, para pemudik diperkirakan bakal melintasi wilayah hukum Polres Cirebon Kota pada Sabtu dini hari hingga siang nanti.

"Kami prediksi puncak arus mudik terjadi setelah waktu subuh hingga siang," ujar M Fahri Siregar saat ditemui seusai monitoring arus mudik bersama Forkompimda Kota Cirebon di Pospam Kalijaga, Kota Cirebon, Sabtu (30/4/2022) dini hari.

Ia mengatakan telah menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan pada masa arus mudik 2022.

Di antaranya, rekayasa arus kendaraan berupa one way di sejumlah ruas jalan di Kota Udang, penutupan persimpangan jalan dan U-turn di sepanjang jalur mudik, dan lain-lain.

Selain itu, ratusan personel gabungan disiagakan di sepanjang jalur mudik di wilayah Kota Udang, baik di jalur tol maupun jalur arteri Pantura.

"Kami juga memprediksi arus kendaraan dari arah Jateng menuju Jakarta di jalur arteri Pantura Kota Cirebon masih padat hingga pagi ini," kata M Fahri Siregar.

Fahri menyampaikan, hal itu terjadi karena penerapan one way di jalur Tol Trans Jawa dari KM 70 - KM 414 diperpanjang hingga Sabtu pagi pukul 08.00 WIB.

Namun, pihaknya memastikan arus kendaraan di jalur tol di wilayah hukum Polres Cirebon Kota relatif lancar dan para pengendara dapat melaju hingga kecepatan maksimal 60 - 80 km per jam.

Kepadatan arus kendaraan di jalur arteri Pantura yang mengarah ke Jakarta terjadi karena dampak one way sehingga kendaraan roda empat atau lebih tidak bisa melintasi tol.

"Ada penambahan volume kendaraan yang tidak bisa memasuki tol sehingga jalur arteri Pantura Kota Cirebon dipadati kendaraan roda empat ke atas," ujar M Fahri Siregar. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved