Mudik Lebaran 2022

H-4 Lebaran, Pergerakan Pemudik Mulai Terlihat di Padalarang, Volume Kendaraan Meningkat

Para pemudik itu melaju dari arah Cianjur dan sekitarnya untuk menuju wilayah Priangan Timur dengan melawati Kota Cimahi maupun Tol Padalarang

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Widia Lestari
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Kondisi arus lalu lintas di Kabupaten Bandung Barat saat H-4 lebaran. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Pergerakan pemudik yang melintas di wilayah Jalan Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah mulai terlihat pada H-4 lebaran, Kamis (28/4/2020).

Para pemudik itu melaju dari arah Cianjur dan sekitarnya untuk menuju wilayah Priangan Timur dengan melawati Kota Cimahi maupun Tol Padalarang, sehingga volume kendaraan di wilayah Bandung Barat mulai meningkat.

Kapolres Cimahi, AKBP Imron Ermawan mengatakan, mulai hari ini volume kendaraan memang sudah mengalami peningkatan yang sangat drastis dan pada Jumat serta Sabtu diperkirakan akan lebih meningkat.

Baca juga: Ganjar Lepas Keberangkatan 5.748 Peserta Program Mudik Gratis Warga Jateng

"Seperti kita ketahui beberapa hari ini, intensitas arus kendaraan yang melewati Tol Padalarang, baik yang masuk maupun yang keluar sudah meningkat drastis," ujarnya saat ditemui di Padalarang, Kamis (28/4/2022).

Sementara untuk antisipasi terjadinya kemacetan, pihaknya sudah menyiapkan tim Raimas dan petugas gabungan dari Pemkab Bandung Barat yang akan disiagakan dari mulai Cipatat hingga pintu masuk Tol Padalarang.

"Karena kita ketahui ada (pemudik) yang dari Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Untuk petugas kita juga siapkan dari rekan-rekan Kodim, Satpol PP, dan Brimob," kata Imron.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengatakan, jika saat arus mudik terjadi kemacetan hingga ke kawasan Ciburuy, maka pihaknya akan melakukan cara bertindak (CB) kanalisasi di depan Pasar Tagog Padalarang.

"Sehingga masyarakat yang akan menyebrang hanya satu titik, jadi nanti akan memudahkan petugas untuk melakukan penarikan dari arah Cianjur," ujar Sudirianto.

Sementara jika terjadi kemacetan hingga 6 kilometer, pihaknya akan mengalihkan kendaraan melalui Tagog Apu, kemudian akan dikeluarkan di daerah Panaris dan kendaraan mobil akan masuk ke Tol Padalarang.

Baca juga: Pantau Posko Pengamanan, Bupati Sebut Arus Mudik di Majalengka Aman Terkendali, Belum Ada Kepadatan

Sedangkan terkait kendaraan yang nantinya akan melintas ke daerah Bandung Barat, terutama Jalan Raya Padalarang, diprediksi akan masuk setelah berbuka puasa dan setelah sahur.

"Kalau untuk sekarang masih sedikit, itu hasil pantauan kami. Tapi pemudik diperkirakan akan banyak melintas setelah buka puasa ataupun setelah sahur," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved