Mudik Lebaran 2022

Bus Pecah Ban di Tol Palimanan-Kanci, Lalu Lintas Sempat Tersendat, Ini Imbauan Kapolresta Cirebon

Insiden bus pecah ban mewarnai arus mudik Lebaran 2022 hari ini di Tol Palimanan.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Istimewa/Dok Satlantas Polresta Cirebon
Petugas Tim Urai Polresta Cirebon saat mengatur arus lalu lintas akibat bus pecah ban di KM 194 Tol Palimanan - Kanci, Kabupaten Cirebon, Kamis (28/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, mengingatkan masyarakat untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum mudik ke kampung halaman.

Pengecekan tersebut untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan dan untuk memastikan agar para pemudik selamat sampai tujuan.

Sebab, pihaknya menemukan beberapa kendaraan pemudik yang mogok di jalur tol wilayah Kabupaten Cirebon meski pada akhirnya dapat diatasi dan kembali melanjutkan perjalanannya.

"Seperti halnya hari ini, ada bus pecah ban di KM 194, namun saat ini sudah selesai ditangani ada arus lalu lintas dipastikan lancar," kata Arif Budiman saat ditemui di GT Palimanan Tol Cipali, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Kamis (28/4/2022).

Karenanya, ia mengimbau para pemudik memastikan kondisi kendaraannya laik digunakan untuk perjalanan jauh sehingga bisa mudik secara aman dan nyaman.

Ia mengatakan, pemudik juga harus memastikan kondisi tubuhnya benar-benar fit dan segera beristirahat saat merasa lelah maupun setelah menempuh perjalanan selama tiga jam.

Para pemudik bisa memanfaatkan tempat istirahat yang disediakan pemerintah maupun pihak swasta di sepanjang jalur mudik baik di tol maupun nontol.

"Apabila kondisi pengendara fit, insya Allah perjalanannya juga lancar. Saat merasa letih, silakan memanfaatkan tempat-tempat istirahat yang tersedia," ujar Arif Budiman.

Namun, pihaknya mengingatkan agar para pengendara yang kelelahan tidak beristirahat di bahu jalan meski hanya sebentar karena sangat membahayakan keselamatan.

Arif menyampaikan, jika pemudik beristirahat di bahu jalan maka dikhawatirkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas, karena biasanya kendaraan lainnya melaju dengan kecepatan tinggi.

"Jadi, berbahaya bukan hanya bagi pemudik yang beristirahat sejenak di bahu jalan, tetapi pengendara lainnya juga," kata Arif Budiman.

Baca juga: Mudik Pakai Motor dari Jakarta ke Pangandaran, Beno: dari Puncak ke Cianjur Lancar

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved