Mudik Lebaran 2022

Kadinkes Kabupaten Cirebon Imbau Pemudik Tidak Jajan Sembarangan di Jalan

Jika jajan sembarangan di jalan, bisa saja pemudik mengalami masalah kesehatan.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar / Ahmad Imam Baehaqi
Neneng Hasanah, Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Neneng Hasanah, meminta para pemudik tidak jajan sembarangan.

Terutama ketika beristirahat atau berbuka puasa dalam perjalanan ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idulfitri bersama keluarganya.

Menurut dia, para pemudik harus pandai-pandai memilih jajanan untuk berbuka puasa sehingga tidak sakit akibat salah makan.

"Harus diperhatikan kebersihan tempat dan jajanannya itu sendiri, untuk menjaga kesehatan," ujar Neneng Hasanah saat ditemui di Dinkes Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (27/4/2022).

Ia mengatakan, bagi pemudik yang mengendarai sepeda motor dan membawa anak kecil juga diimbau beristirahat setiap tiga jam.

Pasalnya, cuaca panas dan penggunaan jaket, masker, serta helm berpotensi membuat anak-anak maupun dewasa kehilangan cairan tubuh lebih cepat.

Karenanya, pemudik harus terhidrasi dengan baik agar tidak dehidrasi selama perjalanan dan selamat hingga tiba di kampung halaman.

"Yang terpenting harus berhati-hati, karena biasanya jalurnya ramai sehingga harus memprioritaskan keselamatan," kata Neneng Hasanah.

Neneng menyampaikan, saat Lebaran juga pemudik diimbau tidak berlebihan menyantap hidangan bersantan seperti opor dan lainnya.

Terlebih, opor yang biasanya dihangatkan kembali pada hari kedua dan ketiga Lebaran dan tidak menutup kemungkinan warna serta aromanya berubah.

"Kalau warna dan rasanya berubah jangan dikonsumsi lagi, karena bisa mengakibatkan keracunan makanan," ujar Neneng Hasanah.

Baca juga: H-5, Pemudik Semakin Ramai Lalui Jalur Pantura Indramayu, Mulai Ada Peningkatan Volume Kendaraan

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved