Mudik Lebaran 2022

Jangan Salah Jalur! Hari Ini Mobil Pemudik Pelat Ganjil yang Dibolehkan Melintas di Jalan Tol

Pada pemberlakuan ganjil genap di jalan tol hari ini, Rabu 27 April 2022, mobil dengan pelat ganjil yang boleh melintas.

Penulis: Rheina Sukmawati | Editor: Hermawan Aksan
Dok Jasamarga
Foto ilustrasi situasi arus mudik di jalan tol 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pada pemberlakuan ganjil genap di jalan tol hari ini, Rabu 27 April 2022, mobil dengan pelat ganjil yang boleh melintas.

Rekayasa lalu lintas menggunakan sistem ganjil genap sudah mulai diuji coba pada Senin (25/4/2022) di ruas Tol Cikampek.

Sistem ganjil genap tersebut diberlakukan dalam rangka mengantisipasi kemacetan menghadapi mudik Lebaran 2022.

Hari ini, Rabu (27/4/2022), mobil dengan pelat ganjil yang boleh melintas di Tol Cikampek KM 47 hingga Gerbang Tol Kalikangkung KM 414.

Waktu berlakunya sistem ganjl genap dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

"Apabila terjadi kepadatan, maka dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalu lintas contraflow. Apabila masih terjadi kepadatan melebihi batas maksimal maka akan dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalu lintas one way," ujar Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi ketika dikonfirmasi, Minggu (24/4).

Ia mengatakan, pemudik yang mobilnya tidak sesuai dengan kebijakan ini diharapkan menggunakan jalur arteri/alternatif menuju tempat tujuan.

Baca juga: Pastikan Keamanan Mudik di Jalur Pansela, Polda Jabar Siagakan Brimob di Jalur Sepanjang 400 Km Ini

Meski uju coba baru dilakukan, jadwal ganjil genap mudik 2022 sudah mulai disosialisasikan, salah satunya melalui laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala BPJT Danang Parikesit menjelaskan, aturan ganjil genap mudik Lebaran 2022 yang berlaku di jalan tol akan sesuai dengan arahan pihak kepolisian.

Demikian juga mengenai ganjil genap arus balik yang juga akan dilaksanakan berbarengan dengan kebijakan one way arus balik Lebaran 2022.

Jalur Padat Mudik lebaran 2022

Dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (24/4), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan jalur Bekasi hingga Kalikangkung, Semarang diperkirakan akan menjadi jalur terpadat pada mudik Lebaran 2022.

Meski demikian, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Adapun skema yang akan diterapkan yaitu contra flow, one way, ganjil genap dan pembatasan angkutan barang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved