Mudik Lebaran 2022

Dilarang Beroperasi di Jalan Nasional Selama Arus Mudik, Kusir Delman di KBB Minta Ada Kompensasi

Kusir delman yang mangkal di Padalarang, KBB dilarang beroperasi di jalan nasional sejak H-7 lebaran sampai H+7 lebaran untuk mencegah kemacetan

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN
Kusir delman tengah membawa penumpang di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (27/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Kusir delman yang kerap mangkal di wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipastikan terdampak dengan adanya momen arus mudik lebaran tahun ini.

Pasalnya, mereka dilarang beroperasi di jalan nasional sejak H-7 lebaran sampai H+7 lebaran untuk mencegah terjadinya kemacetan, mengingat volume kendaraan di jalur mudik itu diprediksi akan mengalami peningkatan.
 

Kusir delman di Padalarang, Muhammad Rizky (23) mengatakan, dengan adanya kebijakan Pemkab Bandung Barat terkait larangan operasional delman itu bakal menyebabkan kondisi ekonominya semakin babak belur.

"Masa iya sih sekarang harus susah lagi. Penghasilan saja sekarang paling banter bisa bawa Rp 50 ribu ke rumah, itu sudah untung," ujarnya di Padalarang, Rabu (27/4/2022).

Selama dua tahun pandemi Covid-19, Rizky mengaku ekonomi kelompok kusir delman babak belur, apalagi jika ditambah dengan adanya larangan operasional selama momen arus mudik ini.

Rizky menegaskan, kelompok kusir delman ini sama sekali tidak menolak terkait kebijakan pelarangan itu.

Namun, dia ingin kebijakan itu berlaku adil dan ada solusi seperti kompensasi.

"Harus ada dana kompensasi dari pemerintah kepada kami setiap harinya untuk mengganti kerugian akibat tidak beroperasi. Kalau sekarang kita seakan dipaksa harus rugi," kata Rizky.

Baca juga: Polisi Sebut Ada Dua Trouble Spot dengan Kemacetan Tinggi di Jalur Mudik KBB, Ini Titik Lokasinya

Kusir Delam lainnya, Asep (42) mengatakan, terkait larangan operasional delman ini memang sudah ada rapat dengan pihak kepolisian dan Dishub KBB.

"Kita diminta agar tidak beroperasi di jalan nasional selama musim mudik. Adanya aturan ini jelas kami terdampak karena penumpang langganan kita itu orang pasar semua," katanya.

Dalam aturan ini, delman di Padalarang hanya boleh mengangkut dan menurunkan penumpang di jalan-jalan desa atau di permukiman, asalkan tidak menginjak Jalan Raya Padalarang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KBB Lukmanul Hakim mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan forum LLAJ Bandung Barat, delman ini hanya dibatasi sementara untuk tidak melintas Jalan Raya Padalarang sampai momen mudik selesai.

"Sudah dua tahun kita tidak ada momen mudik. Kita sama-sama peduli saja. Diharapkan teman-teman dari kusir delman bisa mengerti dan menghargai kebijakan ini," katanya. (*)

Baca juga: Semua Delman di Padalarang Dilarang Beroperasi di Jalan Nasional Selama Arus Mudik Lebaran

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved