Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Pascalebaran, Bupati Cirebon Imbau Pemudik Lakukan Ini

Pemkab Cirebon melakukan langkah antisipasi agar tak terjadi lonjakan kasus Covid-19 setelah lebaran.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
ISTMEWA / Dok. DISKOMINFO KABUPATEN CIREBON
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi (kedua kanan), saat memberikan paket makan sahu kepada warga di Bundaran Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu (16/4/2022) dinihari. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, meminta para pemudik selalu mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 pascalebaran.

Terutama para pemudik yang berasal dari Kabupaten Cirebon dan dalam dua tahun terakhir tidak dapat pulang ke kampung halamannya akibat pandemi Covid-19.

"Biar bagaimana pun kesehatan dan keselamatan harus menjadi prioritas utama," ujar Imron Rosyadi saat ditemui di Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (26/4/2022).

Menurut dia, kepatuhan terhadap protokol kesehatan harus diterapkan selama perjalanan mudik, sejak berangkat dari perantauan dan tiba di kampung halaman.

Di antaranya, rajin mencuci tangan, memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan orang sekitar, menghindari kerumunan, dan lainnya.

Namun, selama di kampung halaman juga para pemudik tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya perlindungan diri terhadap penyebaran Covid-19.

Ia mengatakan, melandainya kasus Covid-10 sejauh ini harus diwaspadai dan tidak menjadi momentum untuk mengendurkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan.

"Pandemi belum berakhir, dan Covid-19 masih ada, sehingga prokesnya harus benar-benar dijaga jangan sampai kendur," kata Imron Rosyadi.

Imron meminta warga yang belum mendapat vaksin booster, tetapi ingin mudik, segera mendatangi sentra vaksinasi Covid-19 terdekat.

Ia menyampaikan, vaksinasi booster menjadi salah satu persyaratan bagi waga yang hendak mudik sehingga harus dipastikan sudah menjalaninya.

"Kami memprediksi ada 200 ribuan warga Kabupaten Cirebon yang kini tinggal di luar daerah akan mudik pada Lebaran tahun ini," ujar Imron Rosyadi.

Baca juga: H-6 Lebaran, Jalur Pantura Indramayu Masih Normal, Pemudik Dapat Melintas Tanpa Khawatir Macet

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved