Selebgram Cantik Asal Bandung Ini Buka Endorse Dengan Biaya Ala Kadarnya untuk UMKM Rintisan

Selebgram asal Bandung dan influencer cantik, Rhyma Permatasari berbagi positif lewat media sosialnya.

Istimewa
Selebgram dan influencer cantik, Rhyma Permatasari berbagi positif lewat media sosialnya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Selebgram asal Bandung dan influencer cantik, Rhyma Permatasari berbagi positif lewat media sosialnya.

Dia mengaku terinspirasi dari kalimat Pengusaha Muslim Tionghoa-Indonesia, Mohammad Jusuf Hamka atau lebih dikenal dengan sebutan Babah Alun yang mengatakan 'Jangan Memonopoli Rejeki'.

Rhyma lantas berpikir untuk berbagi hal baik pada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang tengah merintis usahanya (start up) melalui open jasa endorse produk dengan membayar seikhlasnya dan bukan full free endorse UMKM.

Baca juga: Selebgram Livy Renata Ternyata Belum Pernah Coba Kopi Instan, Bilang Enak, Langsung Disebut Baristan

"Aku sebagai influencer bisa mempromosikan, menyiapkan buat berbagi, dan online shop juga dapat keuntungan dipromosikan hingga bisa ikut bersedekah dan ada pihak ketiga yang menerima sedekahnya. Jadi, kebaikannya meluas dan melebar bisa banyak orang merasakan manfaatnya," kata Rhyma Permatasari kepada Tribun Jabar, Senin (25/4/2022) di Bandung.

Uang hasil bayaran endorse itu kata Rhyma Permatasari, dia gunakan untuk kegiatan Jumat berkah dengan membagikan sembako atau nasi secara rutin ke orang-orang yang membutuhkan. Saat ini, katanya, sudah ada lebih dari 100 UMKM yang bergabung dengannya.

Rhyma Permatasari yang juga merupakan seorang selebgram dengan pengikutnya berjumlah 57,2 ribu ini merasa tergugah untuk membantu sesama sejak pandemi covid yang berdampak pada terpuruknya UMKM.

"Jadi, aku mencoba untuk mencari jalan keluar biar sama-sama bangkit. Alhamdulillah sekarang yang biasa aku endorse 70 persennya makanan, dan sisanya ada fesyen, serta orang-orang yang menitipkan informasi lowongan pekerjaan tetapi dia ikut memberikan sedekah. Banyak juga yang memang sengaja menitipkan donasi meski enggak mengirimkan produknya. Tapi, terkadang aku berinisiatif merepost postingan mereka agar tetap ada timbal baliknya," katanya

Cara agar UMKM rintisan dipromosikan,
hanya perlu membacakan surat Al afatihah sebagai ijab endorse, memastikan UMKM-nya rintisan (start up), dan jika produknya itu makanan maka makanan yang halal. Bagi yang berminat maka hanya perlu mengirim pesan (direct message) ke akun instagramnya @rhymaps. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved