Mudik Lebaran 2022

Cegah Macet Saat Arus Mudik Lebaran, PKL di Kawasan Padalarang Harus Stop Jualan Selama 2 Pekan

Keberadaan PKL serta pasar tumpah di kawasan Padalarang yang merupakan jalur perlintasan pemudik ini harus sudah clear sejak H-7 sampai H+7 lebaran.

tribunkaltim/net
Ilustrasi mudik 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Satpol PP Kabupaten Bandung Barat (KBB), meminta pedagang kaki lima (PKL) yang ada di kawasan Jalan Raya Padalarang untuk tidak berjualan di titik ini sebelum arus mudik dan arus balik lebaran.

Pasalnya, keberadaan PKL di kawasan Padalarang ini kerap menyebabkan kemacetan, apalagi jalan tersebut jadi perlintasan pemudik dari arah Cianjur menuju arah Priangan Timur.

Kepala Satpol PP Bandung Barat, Asep Sehabudin mengatakan, keberadaan PKL serta pasar tumpah di kawasan Padalarang yang merupakan jalur perlintasan pemudik ini harus sudah clear sejak H-7 sampai H+7 lebaran.

Baca juga: Pernah Ditertibkan, PKL Harun Kabir Kota Sukabumi Tempati Lapaknya Lagi, Ini Alasannya

"PKL di kawasan Jalan Raya Padalarang dan sekitar Pasar Tagog, harus sudah bersih, tidak ada lagi yang berjualan di trotoar dan badan jalan," ujarnya saat dihubungi, Jumat (26/4/2022).

Para PKL ini harus sudah clear karena biasanya jalur di kawasan Jalan Raya Tagog Padalarang menjadi simpul kemacetan akibat adanya beberapa persimpangan, seperti di Jalan Rancabali, dan Simpang Padalarang.

Menurutnya kawasan tersebut kini marak dipenuhi oleh PKL, seiring telah beroperasinya kembali Pasar Tagog Padalarang, tetapi keberadaan mereka selain membuat semerawut juga kerap menimbulkan kemacetan.

"Jika tidak ditertibkan, kemacetan di Padalarang bisa parah karena diprediksi akan ada peningkatan kendaraan pemudik khususnya roda dua," kata Asep.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan imbauan bagi para PKL yang masih berdagang di Jalan Raya Padalarang dan terus melakukan komunikasi intensif dengan para pedagang dengan mengedepankan upaya persuasif.

Baca juga: Antisipasi Kendaraan dari Cisumdawu, PKL dan Terminal Bayangan di Cimalaka Disterilkan Selama Mudik

"Mereka sudah disiapkan tempat relokasi dan berjualan yang aman di Pasar Istana Hobi. Makanya para PKL itu akan didorong pindah ke sana agar kawasan Padalarang menjadi bebas dari PKL," ucapnya.

Selain adanya PKL yang kerap menggelar dagangannya di trotoar dan badan jalan, adanya andong yang kerap melawan arus membuat kawasan di sekitar Pasar Tagog juga sering macet, apalagi ditambah adanya angkot yang ngetem sembarangan.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved