Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Pascalebaran, Pemkot Cirebon Siapkan Langkah Ini

Pemkot Cirebon mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 setelah mudik Lebaran 2022.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemkot Cirebon telah menyiapkan sejumlah upaya dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pascalebaran.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, antisipasi itu penting disiapkan, karena pergerakan massa saat arus mudik bisa memicu penyebaran Covid-19.

Namun, menurut dia, tingginya mobilitas masyarakat selama arus mudik-balik Lebaran dapat menggeliatkan kembali sektor perekonomian.

Karenanya, pihaknya gencar melaksanakan vaksinasi Covid-19, khususnya dosis ketiga atau booster, di momen Ramadan seperti sekarang.

"Kami juga menyiapkan ruang perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit se-Kota Cirebon," kata Agus Mulyadi saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Sabtu (23/4/2022).

Ia mengatakan, seluruh sarana prasarana hingga SDM sekalipun telah siap menangani lonjakan kasus Covid-19, karena kondisi serupa pernah terjadi.

Karenanya, pihaknya optimistis penanganan pasien saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 berjalan lancar meski kondisi itu tidak diharapkan.

"Tapi, pada intinya kami siap untuk kemungkinan terburukrnya, karena dari pengalaman sebelumnya juga penanganannya tidak ada kendala," ujar Agus Mulyadi.

Agus menyampaikan, berdasarkan indikator transmisi komunitas, positivity rate maupun bed occupancy rate (BOR), dan lainnya kasus Covid-19 di Kota Cirebon sudah melandai.

Namun, antisipasi tetap harus disiapkan untuk mempersiapkan penanganan saat terjadinya situasi terburuk, yakni melonjaknya kasus Covid-19.

"Kami juga mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, meski kasusnya Covid-19 di Kota Cirebon melandai," kata Agus Mulyadi.

Baca juga: 200 Ribu Warga Kabupaten Cirebon Diprediksi Bakal Mudik Tahun Ini, Polisi Siapkan Pengamanan

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved