Surah Al Quran

Ini Sejumlah Manfaat Membaca Ayat Kursi, Ayat yang Membentengi dan Menjaga dari Suatu Kejahatan

Ayat kursi ini yang merupakan ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah kerap disebutkan oleh Rasulullah untuk dibaca oleh kita sebagai muslim.

Penulis: Salma Dinda Regina | Editor: Darajat Arianto
Tribunjabar.id/Kisdiantoro
ILUSTRASI 

 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ayat kursi ini yang merupakan ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah kerap disebutkan oleh Rasulullah Saw untuk dibaca oleh kita sebagai muslim.

Rasulullah Saw bersabda, ”Tidak ada seorang hamba pun dari umatku yang membaca ayat kursi 12 kali di pagi hari, lalu berwudhu dan melaksanakan sholat subuh, Allah akan menjaga dirinya dari kejahatan setan yang terkutuk.

Berikut bacaan Ayat Kursi dengan latin beserta terjemahnya.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Latin:

Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta'khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa'u 'indahuu illai bi idznih. Ya'lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min 'ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal'aliyyul 'adhiim.

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. (QS. Al Baqarah: 255).

Dikutip dari buku "Keistimewaan ayat kursi, 1000 Berkat- 43 Mukjizat- 33 Khasiat" karya Al Ustaz H.Saifuddin Aman, ayat kursi disebut Ayat Muhshinah yang artinya Ayat Yang Membentengi.

"Muhshinah" artinya membentengi. Ayat kursi disebut ayat yang membentengi, karena inti dari ayat kursi adalah meng-Esa-kan Allah.

Di dalamnya ada kalimat Tauhid "Laa ilaaha illaa huwa". Sedangkan kalimat Tauhid oleh Allah dinyatakan sebagai benteng.

Disebutkan dalam khasiat ayat kursi: "Lindungilah diri kamu dengan ayat kursi". Karena Rasulullah SAW senantiasa membaca ayat kursi, dan itu menjadi perlindungan dirinya.

Dikisahkan, ada seorang pedagang berjalan diikuti oleh perampok. Merasa ada yang membuntuti, dia segera keluar dari jalan dan turun ke tengah sawah, lalu membaca ayat kursi sebanyak 7 kali sambil mengarahkan wajahnya ke enam penjuru, utara, timur, selatan, barat, atas dan bawah, dengan niat menjadikannya sebagai alat perlindungan.

Baca juga: Masyaallah! Manfaat Membaca Ayat Kursi, Ayat Penghapus, Dihapuskan Keburukannya oleh Allah SWT

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved