Mudik Lebaran 2022

200 Ribu Warga Kabupaten Cirebon Diprediksi Bakal Mudik Tahun Ini, Polisi Siapkan Pengamanan

Ada 2.600 personel gabungan yang diturunkan mengamankan arus mudik Lebaran 2022 di Kabupaten Cirebon.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sejumlah personel gabungan saat mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Mapolresta Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kabupaten Cirebon, Jumat (22/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Ribuan petugas gabungan dikerahkan untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2022 di Kabupaten Cirebon.

Mereka merupakan personel dari Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Dinkes, Dishub, Satpol PP, dan BPBD Kabupaten Cirebon, Senkom, serta lainnya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, memastikan para personel siap bertugas untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2022.

Menurut dia, mereka bakal disebar ke seluruh posko mudik di wilayah hukum Polresta Cirebon untuk memastikan keamanan dan kelancarannya, baik dari segi kondusivitas maupun kamseltibcar lantasnya.

"Jumlahnya 2.600 personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Kabupaten Cirebon," kata Arif Budiman saat ditemui usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Mapolresta Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kabupaten Cirebon, Jumat (22/4/2022).

Ia mengatakan, seluruh sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk pengamanan arus mudik Lebaran 2022 di Kabupaten Cirebon juga dipastikan telah siap.

Bahkan, dari segi sinergitas antarpersonelnya juga dipastikan siap bekerja maksimal untuk melayani pemudik yang melintasi Kabupaten Cirebon.

Termasuk 200 ribu warga Kabupaten Cirebon yang berada di luar daerah dan diprediksi bakal mudik pada momen Lebaran tahun ini.

"Kami sudah mempersiapkannya bertahap dari personel, sarpras, hingga skema rekayasa arus lalin, sehingga pada arus mudik semuanya sudah siap," ujar Arif Budiman.

Arif mengakui, skema rekayasa arus lalu lintas juga disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalur mudik wilayah Polresta Cirebon.

Namun, pihaknya menyampaikan, skema itu di berlakukan secara situasional, yakni saat arus lalu lintas padat akibat melonjaknya volume kendaraan pemudik.

"Mudah-mudahan pelaksanaannya berjalan lancar, dan kami juga telah menyiapkan skema maupun antisipasinya secara matang," kata Arif Budiman.

Baca juga: Tim Pengurai Macet Disiagakan di Sukabumi Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran, Puluhan Pos Didirikan

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved