HUT ke-40, Palawa Unpad Gelar Seminar Nasional Pariwisata Berkelanjutan, Sandiaga Jadi Pembicara

Dalam rangkaian Dies Natalis ke-40, Pencinta Alam Palawa Unpad menggelar Seminar Nasional Pariwisata Berkelanjutan, yang dihadiri Sandiaga Uno

Editor: Darajat Arianto
Dok. Palawa Unpad
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional yang digelar UKM Pencinta Alam Palawa Unpad bertajuk “Pengembangan Wisata Alam Domestik Berbasis Desa Wisata sebagai Upaya Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim”, Sabtu (16/4/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dalam rangkaian Dies Natalis ke-40, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencinta Alam Palawa Unpad menggelar Seminar Nasional Pariwisata Berkelanjutan, Sabtu (16/4/2022).

Seminar tersebut bertajuk “Pengembangan Wisata Alam Domestik Berbasis Desa Wisata sebagai Upaya Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim”.

Seminar dilakukan secara hybrid menggunakan media dalam jaringan (Zoom Meeting dan Youtube Palawa Unpad) serta secara tatap muka di Bale Santika Universitas Padjadjaran (Unpad), Sumedang, Jawa Barat.

Dalam rilis yang diterima Tribunjabar.id, seminar ini dipandu oleh dua moderator, yakni Manager Riset Kerjasama dan Inovasi Fakultas Teknik Geologi Unpad Mohamad Sapari dan Ketua Prodi Magister Pariwisata Berkelanjutan Unpad Evi Novianti.

Seminar dibuka oleh Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti. Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno memberi gambaran pariwisata berkelanjutan di Indonesia saat ini.

Sandiaga menegaskan, bahwa dalam pengembangan desa wisata, masyarakat sebaiknya tidak hanya jadi penonton, melainkan juga ikut terlibat.

Pemaparan materi terkait Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia dilanjutkan diseminasi dua kegiatan Palawa Unpad terkait desa wisata.

Kegiatan pertama adalah Asesmen Potensi Desa Wisata di Kaki Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat, yang dipaparkan oleh anggota Palawa Unpad, yakni Nadia Putri Chania dan Bilham Warmindi.

Kegiatan kedua adalah Pemetaan Gua Digital di Desa Selasari dan Cagar Alam Pangandaran, Jawa Barat, yang dipaparkan oleh anggota Palawa Unpad, Hifzan Maulia Irfan dan Tiara Nurul Nabila.

 

Hasil Kegiatan Disemasi Tim Rinjani dan Tim Pangandaran

Berkaitan dengan topik pembahasan, telah dihadirkan dua pembicara lainnya yakni Dewi Yuliani selaku Direktur Perencanaan Teknis Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa dan PDTT dan Frans Teguh selaku Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi/Plt. Deputi BSDK Kemenparekraf.

Dalam pemaparannya, Dewi Yuliani membahas tentang pengembangan desa wisata sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

Dewi menjelaskan bahwa kemampuan desa mengeksplorasi keunikan, kelebihan, serta melihat kekurangan, menjadi kekuatan atraksi sebagai desa wisata.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved