Tadi Pagi Rusia Kembali Gempur Donbass, Ukraina Yakin Mampu Menahan

Rusia mencoba untuk menembus pertahanan di hampir seluruh garis depan pada Selasa (19/4/2022) pagi, yang digambarkan oleh pejabat Ukraina

Editor: Ravianto
(Photo by RONALDO SCHEMIDT / AFP)
Seorang tentara Ukraina berpatroli dengan kendaraan lapis baja di sebuah jalan di Bucha, barat laut Kyiv, pada 2 April 2022, di mana walikota mengatakan 280 orang telah dikuburkan di kuburan massal dan kota itu dipenuhi dengan mayat. - Ukraina telah mendapatkan kembali kendali atas "seluruh wilayah Kyiv" setelah invasi pasukan Rusia mundur dari beberapa kota penting dekat ibukota Ukraina, kata wakil menteri pertahanan hari ini. 

TRIBUNJABAR.ID, DONBASS - Tadi pagi pasukan Rusia kembali meluncurkan serangan di Donbass, Ukraina timur.

Rusia mencoba untuk menembus pertahanan di hampir seluruh garis depan pada Selasa (19/4/2022) pagi, yang digambarkan oleh pejabat Ukraina sebagai fase kedua perang.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan Rusia telah memulai "Pertempuran Donbass" di timur.

Menurutnya, sebagian besar dari seluruh tentara Rusia sekarang fokus pada serangan ini.

“Tidak peduli berapa banyak pasukan Rusia yang mereka kirim ke sana, kami akan berjuang. Kami akan membela diri,” Zelensky bersumpah dalam sebuah pidato video, sebagaimana dilansir CNA.

Kepala staf Zelenskyy, Andriy Yermak, meyakinkan Ukraina bahwa pasukan mereka dapat menahan serangan di fase kedua perang.

"Percayalah pada tentara kami, itu sangat kuat," katanya.

Gubernur provinsi Belgorod Rusia mengatakan pasukan Ukraina telah menyerang sebuah desa perbatasan, melukai seorang warga.

Petugas polisi mengeluarkan mayat seorang pejalan kaki yang tewas dalam serangan udara kemarin yang menghantam menara televisi utama Kyiv di Kyiv pada 2 Maret 2022. - Ukraina mengatakan pasukan Rusia menyerang rumah sakit jiwa di dekat kota Izyum.
Petugas polisi mengeluarkan mayat seorang pejalan kaki yang tewas dalam serangan udara kemarin yang menghantam menara televisi utama Kyiv di Kyiv pada 2 Maret 2022. - Ukraina mengatakan pasukan Rusia menyerang rumah sakit jiwa di dekat kota Izyum. (AFP/ARIS MESSINIS)

Media Ukraina melaporkan serangkaian ledakan, beberapa kuat, di sepanjang garis depan di wilayah Donetsk, dengan penembakan terjadi di Marinka, Slavyansk dan Kramatorsk.

Ledakan juga terdengar di Kharkiv di timur laut, Mykolaiv di selatan dan Zaporizhzhia di tenggara, sementara sirene serangan udara juga berbunyi di pusat-pusat utama dekat garis depan, kata para pejabat dan media.

Pejabat tinggi keamanan Ukraina, Oleksiy Danilov, mengatakan pasukan Rusia berusaha menerobos pertahanan Ukraina di hampir seluruh garis depan wilayah Donetsk, Luhansk dan Kharkiv.

Didorong kembali oleh perlawanan Ukraina di utara, Moskow telah memfokuskan kembali serangan daratnya di dua provinsi timur yang dikenal sebagai Donbas, sambil meluncurkan serangan jarak jauh ke target lain termasuk ibu kota, Kyiv.

Donbas telah menjadi titik fokus kampanye Rusia untuk mengacaukan Ukraina, dimulai pada tahun 2014 ketika Kremlin menggunakan proxy untuk mendirikan dua "republik rakyat" separatis di negara bekas Soviet.

Ini juga merupakan rumah bagi banyak kekayaan industri Ukraina, termasuk batu bara dan baja.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved